Image

Makanan Khas Sanya Tiongkok, Lokasi Malam Final Miss World 2017, Tak Cuma Ayam Hainan Loh!

Dada Sathilla, Jurnalis · Minggu 19 November 2017, 14:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 19 298 1816693 makanan-khas-sanya-tiongkok-lokasi-malam-final-miss-world-2017-tak-cuma-ayam-hainan-loh-wTsYmYsZg4.jpg Makanan Khas di Sanya Tiongkok (Foto: Sabra Sathilla/Kontributor)

Berada di pinggir laut, lokasi pagelaran Miss World 2017, kota Sanya di Tiongkok memiliki beragam hidangan khas yang lezat nan menggugah selera. Makanan khas Sanya sebagian besar berasal dari laut meski ada juga yang berasal dari daratan. Satu makanan khas Sanya yang sudah familiar di lidah orang Indonesia tentunya nasi Hainan.

Terletak di pinggir laut di bagian paling selatan Tiongkok, makanan di kota Sanya memiliki rasa yang khas dan beda dari provinsi lainnya di Tiongkok. Rasa masakan khas Sanya lebih ringan dan halus. Membuatnya cocok dimakan para turis, bahkan terkenal di banyak negara seperti nasi hainan yang mudah ditemukan di Indonesia. Satu yang khas dari masakan khas Sanya adalah digunakannya cabai kuning sebagai bumbu masakan.

Berikut beberapa makanan khas kota Sanya, Tiongkok, yang menjadi lokasi malam final Miss World 2017 :

1. Ayam Wenchang

Dikenal luas sebagai ayam Hainan, ayam Wenchang sebenarnya berasal dari kota Wenchang yang berada di sebelah utara pulau Hainan. Namun makanan ini mudah pula ditemukan di Sanya sehingga dianggap sebagai makanan khas Sanya. Ayam Wenchang dibuat dengan cara direbus lalu disajikan berupa iris-irisan daging. Setelah itu disantap dengan nasi dan beberapa jenis saus.

2. Kepiting Hele

Kepiting yang berasal dari kota Hele ini diternakkan oleh warga lokal. Kepitingnya disebut kaya akan daging dan berminyak. Untuk membuat kepiting hele, kepiting direbus lalu disajikan dengan jahe, bawang putih serta cuka.

3. Mie Beras

Rice Noodle atau Mie Beras merupakan street food yang populer di kota Sanya. Mie beras mudah ditemukan di setiap sudut kota Sanya. Harganya pun murah, hanya beberapa yuan saja. Mie beras disajikan bersama potongan daging dan taburan sayuran. Variannya pun banyak. Yang paling terkenal adalah mie beras Baoluo, mie beras Hainan, mie beras Hou'an, mie beras Gangmen dan mie beras asam Lingshui.

Karena berada di tepi laut tentunya seafood menjadi makanan khas di Sanya. Ada bermacam ikan, udang, kepiting, kerang dan hidangan laut lainnya yang bisa dipilih. Satu cara yang asyik untuk menikmati seafood di Sanya adalah dengan memilih sendiri seafood yang ingin dimakan di pasar ikan kemudian membawanya ke restoran untuk dimasak dan dimakan.

5. Dabianlu

Berarti seafood hotpot ala Hainan. Kepiting, udang, kerang, kepala ikan dan bermacam sayuran disajikan di dalam sup yang dimasak di meja. Sebagai penambah rasa ada pilihan jeruk nipis, bawang putih parut dan kecap yang bisa ditambahkan ke dalam hotpot sesuai selera. Rasanya lezat dan segar. Memakan seafood hotpot bersama teman atau keluarga di pusat seafood telah menjadi budaya di Sanya. Pilihan tempat makannya pun beragam. Ada Chunyuan Seafood Square, Youyi Seafood Square dan Xinmin Seafood Street.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini