Image

Hari Kesehatan Nasional, 1.000 Warga DKI Gelar Senam Sehat

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 19 November 2017, 13:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 19 481 1816669 hari-kesehatan-nasional-1-000-warga-dki-gelar-senam-sehat-qK8zygKIGv.jpg

JALAN Suryopranoto di Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat Minggu pagi dipenuhi dengan 1.000 warga yang melakukan senam sehat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-53 yang jatuh pada 12 November setiap tahunnya.

Dengan tema "Sehat Keluargaku, Sehat Indonesia", kegiatan senam sehat ini dilakukan untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, drg. Yudita E.P, M.Kes. mengatakan, acara hari ini dilakukan bersamaan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKP) atau lebih akrab disebut Car Free Day.

"Kenapa digabung karena HBKB adalah tempat masyarakat berkumpul. Sehingga untuk mensosialisasikan Hari Kesehatan Nasional lebih mengena," jelas drg. Yudita kepada Okezone di Jalan Suryopranoto, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (19/11/2017).

Acara pagi ini dimulai dengan bersepeda, senam bersama yang diikuti sekitar 1.000 orang, hingga makan buah bersama sebagai salah satu tanda memulai hidup sehat. Dokter Gigi Yudita menambahkan, kegiatan ini diharapkan bisa mengubah perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat, khususnya masyarakat Jakarta Pusat.

"Diharapkan masyarakat melakukan lebih banyak aktivitas fisik dan makan sayur dan buah. Juga mereka tanggap kebersihan lingkungan," lanjut drg. Yudita.

Selain memulai perilaku sehat dari diri sendiri, masyarakat diharapkan dapat menularkan perilaku sehat tersebut kepada keluarga dan lingkungan.

"Karena penyakit yang tidak menular lebih tinggi daripada penyakit menular," ungkapnya.

Acara pagi ini juga dihadiri oleh Walikota Administratif Jakarta Pusat Mangara Pardede. Ia memimpin acara makan pisang bersama masyarakat. Sedangkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang semula dijadwalkan hadir tak tampak hari ini. Sandiaga hanya diwakili oleh karangan bunga.

Mangara Pardede juga mengajak masyarakat untuk selalu berperilaku hidup sehat. Ia mengingatkan masyarakat agar selalu memperhatikan tubuh dan lingkungan.

"Makan sehat, tidur cukup, dan tidak BAB (Buang Air Besar) sembarangan," tandasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini