nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Iriana Jokowi: Penuhi Kebutuhan Tumbuh-Kembang Anak Usia Dini

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 20 November 2017 14:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 20 196 1817114 iriana-jokowi-penuhi-kebutuhan-tumbuh-kembang-anak-usia-dini-jgWF48Bf61.jpg

TANGERANG - Ibu Hj Iriana Joko Widodo meminta semua pihak memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak usia dini sehingga anak tumbuh menjadi sehat, cerdas, dan berakhlak mulia.

"Saya ingin menyampaikan pesan sedikit saja," kata Iriana dalam acara penyerahan Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2017 di Kota Tangerang, Banten, Senin (20/11/2017).

Ibu Negara yang juga merupakan Bunda PAUD Indonesia itu mengatakan anak usia dini merupakan calon penerus bangsa. "Mereka calon penerus bangsa sehingga perlu diperhatikan total kebutuhan tumbuh kembang untuk menjadi sehat, cerdas dan berakhlak mulia," tegas Iriana.

Ketika berdialog dengan Bunda PAUD, Iriana mengakui baru mengetahui ada Pada Kegiatan Gugus PAUD. "Tugas Bunda PAUD tidak hanya sebagai Bunda PAUD tapi juga harus menguasai masalah dari atas hingga bawah," katanya.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo memberikan Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2017 kepada pihak-pihak yang berperan bagi peningkatan akses dan layanan pendidikan usia dini (PAUD) di Indonesia. Acara penyerahan Anugerah PAUD 2017 itu berlangsung di Kota Tangerang, Banten.

Ibu Negara yang juga merupakan Bunda PAUD Indonesia menyerahkan Anugerah PAUD secara simbolis kepada sejumlah orang penerima dari unsur Bunda PAUD, sosok peduli PAUD dan organisasi mitra PAUD. Jumlah penerima Anugerah PAUD 2017 sebanyak 164 orang yang terdiri atas bupati, kepala dinas pendidikan, camat dan kepala desa sebanyak 25 orang.

Kemudian Bunda PAUD sebanyak 55 orang, tokoh atau Sosok Peduli PAUD sebanyak enam orang, lembaga atau organisasi mitra PAUD sebanyak delapan orang, pemegang festival dan kreativitas PAUD 15 orang dan pemenang lomba E-Book PAUD, Edy Game PAUD, dan lomba cerita PAUD sebanyak 45 orang.

(Baca Juga: Temukan Cara Unik Beri Minum Obat untuk Bayi, Video Ibu Ini Viral di Facebook)

Selain Juga hadir penerima Anugerah PAUD 2017, hadir Mendikbud Muhadjir Effendy dan Istri Wakil Presiden Ibu Mufida Jusuf Kalla. Juga hadir perwakilan dari Kemendikbud, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK), pimpinan lembaga, organisasi dan kementerian terkait tingkat pusat, pimpinan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait tingkat daerah, lembaga dan organisasi mitra pendamping penerima anugerah dan lainnya.

Hari Anak Sedunia

Di tempat berbeda Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, dr. Yudhi Wibowo, M.PH. menyatakan Peringatan Hari Anak Sedunia pada 20 November dapat menjadi momentum untuk memastikan tumbuh kembang anak telah sempurna, kata "Hari Anak Nasional bisa dijadikan momen agar anak tumbuh dan berkembang secara sehat dalam keluarga yang sehat," katanya di Purwokerto.

Dia menjelaskan, keluarga merupakan lembaga sosial terkecil yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. "Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga. Bahkan sejak si calon anak masih dalam kandungan," katanya.

Seorang ibu, kata dia, harus memastikan anak dalam kondisi kesehatan yang prima. "Sehingga bayi saat lahir dalam kondisi sehat dengan berat badan normal," katanya.

(Baca Juga: 4 Tipe Unik Ibu yang Mengantar Anak ke Sekolah, Tipe Manakah Anda?)
(Baca Juga: 4 Tipe Unik Ibu yang Mengantar Anak ke Sekolah, Tipe Manakah Anda?)

Selain itu, pola asuh, kata dia, menjadi hal penting terkait dengan masih adanya kasus anak gizi buruk. "Hal ini juga bisa terkait dengan kurangnya pengetahuan keluarga, terutama ibu mengenai kebutuhan gizi anak-anak, sehingga pemahaman mengenai kebutuhan gizi anak harus terus ditingkatkan," katanya.

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa peringatan Hari Anak Sedunia dapat menjadi momentum untuk meningkatkan pengetahuan keluarga mengenai cara merawat anak. "Keluarga harus memahami fase tumbuh kembang anak, memahami pentingnya imunisasi dan lain sebagainya," katanya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini