Moms, 5 Jenis Makanan Ini Bantu Jaga Kesehatan Mata si Kecil Loh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 21 November 2017 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 20 298 1817244 moms-5-jenis-makanan-ini-bantu-jaga-kesehatan-mata-si-kecil-loh-vsf1ynAISe.jpg Wortel untuk kesehatan mata (Foto:Brainbalance)

KEBIASAAN ‘kids jaman now’ bermain gadget tanpa henti tentunya akan menimbulkan risiko kerusakan mata. Oleh karena itu, peran orang tua sangat diperlukan untuk menghindari buah hati mereka dari berbagai penyakit berbahaya. Seperti diketahui, salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata si kecil adalah dengan memberikan asupan gizi yang tepat.

Mata anak membutuhkan sejumlah nutrisi esensial agar dapat berfungsi dengan baik dan terhindar dari penyakit. Selain membatasi penggunaan gadget, Anda juga dapat memberikan beberapa jenis makanan sehat untuk mendukung tumbuh kembangnya.

BACA JUGA:

Ya Ampun, Panjat Jendela Drive-Thru McD Wanita Ini Santai Curi Minuman & Uang!

Wortel

Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk mengubah beta karoten yang terdapat pada sayuran berwarna, seperti wortel, untuk dijadikan vitamin A. Nutrisini ini sangat penting untuk kesehatan mata, karena dapat membantu penglihatan pada malam hari dan melindungi mata dari sinar matahari dan virus penyakit. Selain itu, wortel juga mengandung gula alami dengan sensasi rasa manis yang khas. Anak-anak biasanya menyukai baby carrots atau wortel kecil yang memiliki tekstur renyah. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengolah wortel untuk dijadikan olahan kue, cake, atau dipanggang dengan sedikit tambahan sirup maple.

Buah beri

Buah yang satu ini umumnya ditemui ketika musim panas tiba, dan ternyata juga menjadi salah satu sumber vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin C juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan menyerap zat besi. Tidak hanya itu, vitamin ini dapat mencegah katarak dan merupakan sumber katekin, jenis antioksidan yang berfungsi menjaga kesehatan retina.

Kacang

 

Makanan alami lain yang dapat menjaga kesehatan mata Anak adalah kacang. Makanan ini cocok untuk dijadikan menu makan siang karena sangat praktis untuk diolah maupun dikemas. Kacang juga merupakan sumber vitamin E yang dapat membantu tubuh menyerap beta karoten, vitamin, dan mineral lainnya. Tidak ingin repot-repot mengupas kulit kacang setiap hari? Beli saja selai kacang kemasan. Makanan ini umumnya sangat disukai oleh anak-anak.

Kale

 

The Academy of Nutrition and Dietetics and the American Academy of Ophthalmology menempatkan sayuran ini pada posisi teratas dalam daftar makanan yang dapat menjaga kesehatan mata. Kale merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah oksidasi pada lensa mata. Agar si kecil tertarik untuk mengonsumsi sayuran ini, Anda dapat menyamarkannya menjadi berbagai jenis hidangan lezat, seperti mengolahnya menjadi sajian sup lezat dan saus spaghetti. Kale juga dapat digunakan untuk bahan tambahn dalam pembuatan muffin atau roti.

BACA JUGA:

Nekat Menumbuk Kentang dengan Raket Tenis, Bakery Ini Didenda Sekira Rp2,7 Miliar!

Kacang kering

`Selain kacang polong, kacang lentil, dan kacang tanah, kacang kering juga mengandung zinc (seng) yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Mineral ini dapat melindungi mata dari kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh efek cahaya. Anak-anak sangat menyukai olahan kacang kering yang telah dicampurkan dengan keripik kentang atau burger. Demikian dilansir dari Brain Balance Centers.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini