nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bakmi Legendaris Usaha Keluarga Berawal dari Gerobakan hingga Buka Resto, Rasanya Tetap Enak

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 20 November 2017 19:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 20 298 1817371 bakmi-legendaris-usaha-keluarga-berawal-dari-gerobakan-hingga-buka-resto-rasanya-tetap-enak-FvuYjtXLnh.jpg Ilustrasi (Foto: MesinMie)

BAKMI ayam dibawa oleh peranakan China yang dikenal sejak lama di Indonesia. Rata-rata, penjualnya menjajakan bakmi di gerobak.

Seperti Ny Liong, sejak 1979 menjual bakmi enak yang dikenal dengan Bakmi Naga. Awalnya, dia menjual bakmi legendaris di kawasan Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Setiap hari, banyak pembeli bakmi ayam dengan rasa yang mantap. Lama-lama bakmi ini dikenal hingga seantero Jakarta, lalu mencoba peruntungan membuka outlet di pusat kota.

Setelah dari gerobak, barulah mencari lokasi untuk membuka outlet. Salah satu yang terkenal yakni di kawasan Kramat, Senen, Jakarta Pusat. Tapi namanya usaha, pasti mengalami pasang surut yang menjadi pengalaman di balik kesuksesannya sekarang.

"Iya, dulu kami pernah buka outlet di Kramat, tapi sekarang tidak. Justru konsep kami resto franchise yang bisa dinikmati banyak orang di manapun berada," kata CEO Bakmi Naga Susanty Widjaya saat ditemui di Info Franchise dan Business Concept Expo 2017 di Balai Kartini, Jakarta, belum lama ini.

Hingga namanya besar, rasanya tetap konsisten dan bakminya dibuat non pengawet. Inilah keunggulan dari bakmi legendaris itu yang kini masih dicari banyak orang.

Citarasa bakmi ini sejak lama tetap sama, sehingga pelanggan lamanya pasti tidak kecewa saat menikmati bakmi yang mantap ini. Karena mengikuti perkembangan kuliner, akhirnya di resto bakmi tersebut saat ini memiliki 255 varian makanan dan minuman yang dicintai oleh pelanggan.

Varian masakan yang dicintai oleh pelanggan hingga kini tetap bakmi ayamnya dengan rasa yang khas. Bakmi ini cenderung punya citarasa gurih dan bertekstur kasar. Jika dimakan bakminya lembut dan aman dikonsumsi.

Ada juga masakan chinese food yang tentu rasanya disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Begitu juga minumannya untuk melepas dahaga.

Karena keuletan keluarga Ny Liong, usaha bakminya diteruskan sampai sekarang. Sudah ada lebih dari 100 outlet yang menyasar lokasi mal, perkantoran, bandara dan tempat-tempat lainnya.

"Bakmi kami yang dulunya gerobakan, sekarang sudah berupa outlet resto. Tapi kalau kualitas dan rasa, tetap sama seperti dulu. Ini puji Tuhan sekali bagi keluarga kami," terangnya.

Jika Anda ingin menikmati bakmi yang dikelola oleh keluarga Ny Liong ini, ada ciri-ciri logo naga di outletnya. Juga, ada logo halal yang menjamin keamanan pangan di Indonesia. Tidak hanya di Jakarta, outlet bakminya juga sudah ditemui di beberapa kota besar lainnya yang tak kalah nikmat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini