nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Membuat Cairan Alami untuk Membersihkan Peralatan dan Area Dapur yang Kotor dan Berminyak

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 21 November 2017 07:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 20 298 1817408 begini-cara-membuat-cairan-alami-untuk-membersihkan-peralatan-dan-area-dapur-yang-kotor-dan-berminyak-wnMnqgh9vR.jpg

AREA dapur yang kotor, seperti bercak cipratan minyak di dinding hingga serbuk taburan tepung yang tercecer di lantai memang sangat menganggu.

Salah satu yang bisa digunakan untuk membersihkan area dapur, mulai dari dinding, meja, hingga kompor atau oven biasanya digunakanlah cairan pembersih yang hadir dengan bentuk cairan di dalam botol siap semprot alias spray.

Well, tahukah Anda bahwa sebenarnya cleaner siap semprot ini tidak melulu harus dibeli di pasaran. Sebab cairan pembersih ini bisa kok dibuat dari bahan alami, dibuat sendiri di rumah. Selain lebih hemat uang, tentunya juga akan membuat diri jadi lebih tenang karena kita sendiri mengetahui kandungan bahan-bahan apa saja yang terdapat di dalam cairan cleaner yang dipakai untuk membersihkan dapur sehari-hari ini.

Bahan membuat natural cleaner ini hanya dua macam saja kok. Yakni white vinegar alias cuka putih serta essential oil atau minyak esensial, bisa pilih varian tea tree oil dan grapefruit essential oil selain karena memiliki aroma wangi yang menyegarkan, juga karena kedua varian minyak esensial ini hadir dengan kandungan antiseptic atau dengan kata lain anti-bakteri.

Sedangkan untuk white vinegar sendiri, cuka putih diketahui mengandung sekitar 5 persen asam asetat, yang notabene mengandung anti-mikroba alias anti-bakteri. Selain juga karena cairan cuka putih, ideal untuk mengangkat lemak berminyak dan juga kotoran, sehingga cocok untuk dimanfaatkan sebagai pembersih alat-alat yang yang ada di dapur mulai dari meja hingga kompor. Jika khawatir dengan aroma cuka yang tajam, Anda bisa melemahkan (dilute) aroma tajam ini dengan mencampurkannya dengan air (dalam rasio yang sama). So, bagaimana cara membuat cleaner dapur yang alami ini? Baca dulu ulasannya berikut ini, seperti dilansir Thekitchn, Selasa 21/11/2017).

Bahan-bahan yang diperlukan;

1 cup distilled white vinegar atau sekira 236 ml;

1 cup air, sekira 236 ml;

3 tetes minyak tea tree;

3 tetes minyak esensia grapefruit;

Peralatan yang dibutuhkan;

Botol semprot ukuran sekitar 473ml;

2 gelas ukur (liquid measuring cup) ;

Petunjuk pembuatan;

1.      Kumpulkan semua bahan-bahan dan peralatan yang sudah disiapkan sebelumnya;

2.      Tuang cairan cuka lalu diikuti dengan air ke dalam botol spray, gunakan corong kecil jika diperlukan;

3.      Secara perlahan-lahan, tuangkan tiga tetes minyak tea tree dan minyak esensial grapefruit ke dalam botol spray;

4.      Tutup botol spray dengan rapat, saat hendak digunakan jangan lupa untuk dikocok terlebih dahulu agar semua bahan tercampur rata dan bisa keluar disemprotkan;

5.      Saat dipakai, bisa langsung disemprotkan ke peralatan dapur yang ingin dibersihkan, atau bisa juga disemprotkan ke lap dapur baru kemudian lap disapukan ke peralatan dapur yang hendak dibersihkan.

*Catatan :

1.      Selalu ingat untuk mengocok botol terlebih dahulu, mengingat cairan minyak esensial biasanya akan berada di cairan paling atas.

2.      Sebisa mungkin botol spray yang digunakan adalah botol kaca, bukan botol plastik. Jika ingin berhemat, botol kaca bekas dari botol sisa cairan cuka (contohnya botol cuka apel) pun bisa dipakai kembali untuk jadi botol penyimpan cairan pembersih dapur alami ini.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini