nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kaya Antioksidan, Ini 8 Manfaat Rutin Seruput Secangkir Teh Hitam

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 20 November 2017 11:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 20 481 1816989 kaya-antioksidan-ini-8-manfaat-rutin-seruput-secangkir-teh-hitam-SbVFVR1eRY.jpg Ilustrasi (Foto: Stylecraze)

MEMULAI hari dengan minum secangkir teh hitam sangat bermanfaat bagi Anda. Minuman ini Kaya antioksidan yang dapat mennagkal penyakit dalam jangka panjang.

Teh hitam mengandung antioksidan dan fitonutrien yang membantu membuang racun dalam tubuh. Kandungan kafeinnya juga lebih rendah bila dibandingkan dengan kopi. Teh hitam juga mengandung polifenol, serta memiliki kadar natrium, protein dan karbohidrat minimal.

Karena nutrisinya melimpah, tentu banyak keuntungan yang didapatkan saat minum teh hitam. Anda perlu tahu manfaatnya yang diulas berikut, dilansir Boldsky, Senin (20/11/2017).

Meningkatkan kesehatan jantung

Sifat teh hitam telah ditemukan untuk memperbaiki kesehatan jantung, terutama karena flavon hadir di dalamnya. Para ilmuwan telah mengonfirmasi bahwa seseoramh minum teh hitam tiga cangkir atau lebih dalam sehari, dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Menurunkan risiko kanker ovarium

Minum teh hitam akan membantu mengurangi risiko kanker ovarium. Teh hitam mengandung theaflavin yang bisa menghambat proliferasi sel kanker ovarium. Inilah salah satu manfaat kesehatan teh hitam yang wajib diketahui, yang akhirnya wanita harus meminumnya agar terhindar dari risiko penyakit tersebut.

Cegah diabetes

Para ilmuwan mengatakan, seseorang yang minum teh hitam dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Itu karena pengarug katekin dan theaflavin di dalamnya, dapat membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin dan menormalkan kadar gula darah.

Meningkatkan imunitas

Teh hitam kaya akan antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas oksigen. Teh hitam jug bisa mengembalikan sel normal, fungsi tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ini sangat penting dikonsumsi, apalagi di musim hujan seperti sekarang.

Meningkatkan kesehatan tulang

Para ilmuwan mengamati, orang yang minum teh hitam secara signifikan dapat mengembalikan kepadatan tulang. Teh hitam menjadi pengganti kalsium yang bisa mengurangi risiko patah tulang pada orang tua.

Lawan parkinson

Teh hitam mengandung polifenol memiliki efek neuroprotective pada otak. Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan kafein dalam teh hitam dapat melawan penyakit parkinson yang bisa dialami oleh siapa saja.

Pencernaan sehat

Mengkonsumsi teh hitam akan membantu meningkatkan jumlah dan beragam mikroba usus baik. Perannya juga sebagai prebiotik yang membantu meningkatkan bakteri usus yang baik.

Menurunkan kolesterol

Dalam sebuah penelitian, ternyata teh hitam membantu mengurangi 11,1% kolesterol jahat (LDL). Teh hitam jug diketahui memiliki efek hiperkolesterolemia pada manusia yang mengalami obesitas dan rentan terhadap penyakit jantung. Karenanya, Anda disarankan untuk meminumnya agar terhindar dari penyakit akibat kolesterol jahat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini