nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Biji Cokelat Masuk dalam Jenis Sayuran! Juga 4 Fakta Menarik Lainnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 06:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 21 298 1817902 ternyata-biji-cokelat-masuk-dalam-jenis-sayuran-juga-4-fakta-menarik-lainnya-N5aPcugpGj.png Biji cacao masuk dalam jenis sayuran (Foto:Uplift)

 

SIAPA sih yang tidak suka dengan cokelat? Pria, wanita, tua dan muda dari negara manapun rasanya suka akan cokelat. Sepertinya agak sulit kan menemukan orang yang tidak suka dengan cokelat?

Namun, kebanyakan orang awam penyuka cokelat tidak terlalu mengetahui apa saja fakta-fakta menarik yang tersimpan di balik cokelat. Penasaran kan jadinya apa saja sih fakta-fakta menarik seputar cokelat? Baca penjelasannya berikut ini, seperti disitat Foodbeast, Rabu (22/11/2017).

BACA JUGA:

Resep Bakpao Mini Isi Ayam Untuk Camilan Sore, Empuk dan Enak!

Cokelat adalah sayur

Tahukah Anda, secara teknis cokelat masih masuk dalam kategori sayur-sayuran. Milk dan dark chocolate dihasilkan dari biji kakao yang tumbuh di pohon kakao (theobroma cacao) dari keluarga Malvaceae, anggota keluarga lainnya adalah pohon okra dan kapas. Maka dari itu, cokelat pada dasarnya masih merupakan satu kelompok sayur-sayuran.

 

Pernah digunakan sebagai mata uang

Ups, siapa sangka ternyata biji kakao pernah digunakan sebagai alat tukar dalam bertransaksi alias mata uang. Para arkeolog menyebutkan, bahwa dulu para nenek moyang di daerah asli Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan di era 1900 sebelum Masehi sudah memiliki kebiasaan untuk menanam biji , nah biji kakao ini disebutkan sangat berharga dan digunakan sebagai mata uang bagi masyarakat Aztec. Biji kakao kerap digunakan dalam transaksi perdagangan kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan pakaian, hingga barang mewah seperti perhiasan.

 

Napoleon suka menyantap cokelat

Pemimpin Perancis satu ini, diketahui merupakan orang yang sangat menyukai cokelat. Sebab ia sering meminta untuk disediakan cokelat untuk dikonsumsi, bahkan ia juga dikenal lebih memilih untuk memakan cokelat dibanding menyesap minuman kopi ketika harus bekerja hingga larut malam hingga pukul 2 hingga 3 dini hari.

BACA JUGA:

Punya Rasa Hambar dan Mengerikan, Makanan-Makanan Ini Justru Jadi Tren!

Pohon kakao bisa bertahan hidup hingga 200 tahun

Menakjubkan memang, pohon kakao diketahui bisa tumbuh dalam kurun waktu yang sangat lama, tepatnya hingga ratusan tahun alias berabad-abad. Dengan ini, maka tak heran pohon kakao mempunyai julukan, "gifts from the gods," alias hadiah dari Tuhan.

 

Negara konsumen cokelat terbanyak

Menurut U.S. News, negara dengan jumlah konsumen pembeli cokelat terbanyak di dunia adalah Swiss. Pada 2015, tercatat bahwa satu orang di Swiss disebutkan bisa membeli 18.1 lbs atau sekitar 8,2 kilogram cokelat. Di tahun berikutnya, angka ini naik menjadi 19.8 lbs atau 8,9 kilogram. Sedangkan orang Amerika Serikat, hanya berada di posisi 9.5 lbs atau sekitar 4,4 kilogram.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini