5 Cara Mudah Bersihkan Kulkas agar Makanan yang Disimpan Tetap Higienis

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 21 298 1818024 5-cara-mudah-bersihkan-kulkas-agar-makanan-yang-disimpan-tetap-higienis-gFSCGkK8sM.jpg membersihkan kulkas (foto: Readers Digest)

SUKA tidak suka, sama seperti peralatan lainnya di rumah, kulkas atau lemari pendingin pun harus rutin dibersihkan dan dirapikan. Namun sayangnya, orang merasa malas untuk membersihkan lemari pendingin salah satunya karena faktor tidak mengetahui cara yang tepat dalam membersihkannya.

Maka dari itu, baca dulu yuk ulasan bagaimana membersihkan kulkas dengan benar menurut para ahli, di bawah ini.

BACA JUGA:

Kosongkan 

Langkah pertama saat membersihkan kulkas adalah dengan mengosongkan seluruh isi kulkas. Dengan mengosongkan seluruh bagian kulkas, rutinitas membersihkan kulkas akan jauh lebih mudah.

Lepaskan rak-rak kulkas (yang dapat dilepas) lalu rendam dalam air hangat yang sudah diberi cairan sabun pencuci piring. Untuk bagian yang bernoda, ambil kain lap kemudian basahi dengan cuka atau ditaburi soda kue. Lap bagian interior kulkas dengan seksama hingga bersih.

Penempatan makanan

Penempatan makanan juga bisa menghemat setengah usaha merapikan kulkas loh! Untuk mencegah tetesan makanan yang tidak diinginkan, simpanlah daging mentah dan makanan laut di rak bawah freezer.

Lap semua botol dan toples (jar) 

Keluarkan toples yang lengket dari dalam kulkas, lalu lap hingga benar-benar bersih dari noda. Semakin lama noda dibiarkan, makan noda akan terakumulasi sehingga lebih sulit dibersihkan.

Untuk melap botol dan toples ini, Anda bisa menyekanya dengan kain lembap atau membuat campuran dari baking soda dan minyak goreng (dalam hitungan rasio yang sama). Tuangkan campuran ini ke bagian yang bernoda, lalu gosok sampai noda terangkat dan benar-benar hilang.

Rapikan rak 

Untuk menghindari tumpahan makanan, bisa dengan trik menaruh alas di bagian rak interior kulkas. Dengan trik ini maka jika makanan tumpah atau kuah air berceceran, maka alas tersebut tinggal dilepaskan, bersihkan, dan diganti.

Saat tumpahan baru terjadi, langsung bersihkan dengan lemon atau campuran baking soda dengan air, sebab ketika langsung dibersihkan noda pun akan lebih cepat hilang.

 BACA JUGA:

Menyegarkan aroma kulkas

Siapa yang sih mau ketika membuka kulkas lalu langsung tercium aroma busuk atau aroma apek tidak segar? Untuk menghindari hal ini, bisa dengan meletakkan buah lemon yang telah dipotong lalu disimpan di setiap sudut lemari es.

Selain itu bisa juga dengan cara beberapa buah cengkeh di dekat potongan lemon, agar kulkas beraroma manis sekaligus menyegarkan. Jika aroma tidak sedap sudah terasa seperti aroma busuk, taruh baking soda di dalamnya. Sebab, dengan kandungan karbon aktif di dalamnya, baking soda mampu menghilangkan bau busuk dan menjadikan kulkas berbau segar. Demikian seperti disitat Ndtv, Rabu (22/11/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini