nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Infeksi Saluran Kemih, Ini Tips Usai Gunakan Toilet Umum yang Aman dan Bersih

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 21 November 2017 12:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 21 481 1817685 cegah-infeksi-saluran-kemih-ini-tips-usai-gunakan-toilet-umum-yang-aman-dan-bersih-oxb0DhC4n8.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TOILET menjadi sarangnya banyak kuman dan bakteri yang memicu penyakit infeksi. Apalagi pada saat usai menggunakan toilet umum, kalau Anda tidak menjaga kebersihan diri dampaknya bisa membahayakan.

Akibat menggunakan toilet umum, seseorang wanita misalnya dapat saja mengalami penyakit infeksi saluran kemih. Karena paparan bakteri yang menyumbat saluran kemih dan membuat Anda tidak nyaman.

Belum lagi penyakit infeksi ringan lainnya yang bisa Anda alami dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya, para ahli menyarankan untuk membawa semprotan toilet, pembersih tangan dan tisu saat bepergian.

Ginekolog dari Radix Health Care Vikas Bagaria berbagi tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gangguan kesehatan akibat penggunaan toilet umum. Berikut ulasannya, dilansir Zeenews, Selasa (21/11/2017).

Gunakan toilet seat sanitizer

Di mana saja, Anda bisa menggunakan toilet sanitizer agar tetap bersih. Hal ini tentu dapat mencegah meningkatnya infeksi saluran kemih yang bisa berdampak buruk pada tubuh Anda. Semprotkan sanitizer ini saat hendak menggunakan WC umum di mana saja.

Bawa tisu basah kemanapun

Agar tangan tidak terpapar bakteri dan kuman, Anda bisa menggunakan tisu basah. Sediakan selalu di tas agar bisa digunakan di mana saja, terutama saat buang air kecil. Setidaknya, dengan tisu basah tangan Anda terlindung dari patogen yang bersifat sementara.

Bawa pakaian dalam

Saat celana dalam terasa basah dan bau, saatnya Anda menggantinya. Jangan biarkan area kewanitaan lembab yang bisa mengganggu kesehatannya. Karena itu, bawa pakaian dalam beberapa pasang agar membuat Anda lebih nyaman di mana saja.

Cuci tangan pakai sabun

Usai buang air kecil atau buang air besar, saatnya Anda cuci tangan pakai sabun. Gunakan air mengalir untuk membersihkannya. Hal ini merupakan satu langkah efektif untuk mencegah penyakit infeksi yang merugikan Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini