nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ulos Batak Mahakarya Tekstil yang Harus Dikagumi dan Tahu Filosofinya

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 17:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 22 194 1818612 ulos-batak-mahakarya-tekstil-yang-harus-dikagumi-dan-tahu-filosofinya-9sny4sx16z.jpg Kain Ulos (Foto: Antara)

KAIN ulos Batak salah satu mahakarya yang harus dibanggakan masyarakat Indonesia. Betapa uniknya filosofi di baliknya yang bisa membuat seseorang kagum dengan karya ini.

Di Tanah Batak, ulos sebagai karya yang punya nilai seni dan budaya yang tinggi. Beberapa desainer pun mengajak para penenun di daerah dekat Danau Toba yang bisa memikat seorang pecinta fashion.

Seperti Merdi Sihombing bekerja sama dengan para perempuan yang melestarikan tradisi ulos. Adapun kain ulos yang dibuatnya yakni mengedepankan warna-warna alam dari tanaman.

Merdi selalu mengunggulkan warna-warna alam yang dikenal dengan istilah harimontong. Seperti warna biru keungu-unguan, kulit pohon jabi-jabi (beringin) untuk warna coklat, dan tanaman salaon, itom, tom atau indigofera yang menghasilkan warna biru dan tersebar di wilayah Indonesia.

"Saya ingin ciptakan poduk tenun ulos dengan pewarnaan alam dapat dihidupkan kembali," ujarnya.

Umumnya, karya ulos yang dibuat yakni memiliki makna kehidupan masyarakat Toba dan alam sekitarnya. Karyanya pun sangat dihargai oleh masyarakat, serta berhasil mengikuti ajang kelas dunia seperti Eco Fashion Week Indonesia.

Sejarawan JJ Rizal juga membeberkan filosofi dari kain ulos asli Batak. Ulos sangat penting digunakan oleh orang Batak untuk upacara adat perkawinan hingga kematian.

Diceritakan, dulu dari tanah Batak punya tradisi mangulosi hela sebagai jembatan dunia leluhur. Ada seorang maha pengulos yang turun ke bumi untuk menciptakan Kain cantik ini.

"Dalam mitologi Batak, saat bulan purnama muncul, boru pengulos ini terlihat di bulan sambil menenun Kain," ungkapnya saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa 21 November 2017.

Di samping itu, karya tekstil yang identik di Indonesia juga dapat menjadi kode-kode adat istiadat masyarakat. Akar filosofinya sangat kuat yang harusnya diketahui.

"Rata-rata karya tekstil dari Indonesia menurut saya punya ada kode historis dan nilainya penting. Maka patut kita banggakan sebagai mahakarya yang menceritakan asal-usul suatu daerah," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini