Berikan Mainan untuk Sesuai dengan Usianya agar si Kecil Tumbuh Jadi Anak yang Pintar!

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 22 196 1818609 berikan-mainan-untuk-sesuai-dengan-usianya-agar-si-kecil-tumbuh-jadi-anak-yang-pintar-k7wXb1qvWK.jpg Mainan untuk anak (Foto: Slhunterspeechworks)

KONSEP tumbuh kembang anak melalui permainan menjadi solusi bagi orangtua dalam mengembangkan panca indera anak sejak dini. Melalui permainan juga, anak akan dirangsang untuk mengeksplorasi dan mempelajari hal-hal baru.

Dokter dr. Markus M. Danusantoso, SpA, sebagai Child Development Specialist membenarkan bahwa fungsi mainan edukatif diperlukan dalam proses tumbuh-kembang anak dan dapat menjadi bekal untuk masa depannya.

"Para orangtua dapat memberi jenis mainan yang sesuai dengan jenis kegiatan, usia, dan kemampuan anak untuk mendapatkan hasil yang optimal hingga tahap krusial perkembangan anak," ujar dokter Markus M. Danusantoso dalam acara peluncuran koleksi mainan edukatif ELC Holiday Toys di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Ia menjabarkan fase tumbuh-kembang anak dan mainan yang sesuai tahapan perkembangan. Fase pertama sejak lahir adalah fase dimana anak memulai indera penglihatan, suara dan sentuhan.

"Jadi pilihan mainan yang tepat adalah mainan yang berwana-warni. Berikan mainan berwarna cerah, seperti merah, kuning, hijau, atau orange. Warna-warna mainan akan mengasah indera pengelihatan anak semakin tajam. Berikan pula mainan yang mengeluarkan bunyi," paparnya.

Memasuki usia 3 bulan, sambung dokter Markus, anak sudah mampu mengontrol gerakan tangan dan kakinya serta senang mengeksplor hal-hal di sekitarnya. Selanjutnya, pada usia 6 bulan, anak mulai bisa duduk bahkan merangkak.

"Berikan mainan yang merangsang anak aktif bergerak, mudah digengam untuk merangsang motorik kasar dengan mengenal bentuk dan tekstur, serta mainan yang mendorang anak lebih aktif mencari tau hal-hal baru yang ada di sekitarnya," jelas dokter lebih lanjut.

Ketika memasuki usia 9 dan 12 bulan, anak memasuki tahap perkembangan yang sangat aktif dan pada usia 18 bulan hingga seterusnya, anak mulai berimajinasi dan mengeksplor hal-hal baru. Pada masa ini anak mulai dirangsang untuk mengenal kosa kata, seperti bermain dengan papan tulis portable untuk menginspirasi kreativitas anak dan menambah perbendaharaan kata. Berikan pula mainan yang membuat si kecil aktif di luar rumah.

"Pada usia 9 bulan ke atas anak sudah bisa diperkenalkan dengan mainan yang memiliki fungsi. Misalnya mainan rumah-rumahan, mobil, atau boneka. Dengan mainan-mainan itu arahkan anak mempergunkan sesuai fungsinya. Misalnya, maianan rumah-rumahan, anak bisa jelaskan apa fungsi pintu, jendela, meja, kursi, dan lain sebagainya," tukas dokter Markus.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini