Pedas Menohok, Kimchi Makanan Fermentasi yang Bagus Dikonsumsi Diabetesi!!

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 22 481 1818571 pedas-menohok-kimchi-makanan-fermentasi-yang-bagus-dikonsumsi-diabetesi-GjAlW9vzew.jpg Kimchi (Foto: Sura Korean Cuisine)

BAGI Anda pencinta budaya Korea pasti tidak asing lagi dengan yang namanya kimchi. Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang dibuat dengan cara difermentasi.

Biasanya kimchi terbuat dari sayuran seperti, kubis Cina, daun bawang, lobak daun bawang, timun, gingseng, bawang putih, cabai rawit, dan daun mustard India. Sayuran ini akan dicampur dengan bumbu yang kemudian disimpan untuk difermentasi selama beberapa hari.

Kimchi adalah makanan dengan kalori rendah, dan merupakan lauk yang bergizi. Dalam kimchi juga terkandung beragam antioksidan kuat dan beberapa vitamin seperti, vitamin A, vitamin B1, Vitamin B2, dan vitamin C. Dilansir dari laman Organicfacts, berikut adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi kimchi.

BACA JUGA:

Melancarkan Pencernaan

Kimchi adalah makanan yang baik untuk melancarkan pencernaan. Fakta tersebut berasal dari sumber priobiotik yang berkaitan dengan proses fermentasi. Proses fermentasi tidak hanya meningkatkan rasa tapi juga menciptakan bakteri sehat, Lactobacillus, yang dibutuhkan tubuh agar usus tetap sehat.

Mengurangi Kadar Kolesterol

Mengonsumsi kimchi secara rutin memiliki efek menguntungkan dalam mengurangi kadar kolesterol. Bawang putih yang digunakan menyimpan selenium dan allicin. Allicin adalah komponen unggul yang membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga risiko kelainan jantung dapat berkurang.

Mengobati Dermatitis Atopik

Dermatitis Atopik adalah gangguan pada kulit yang diawali dengan ruam. Kehadiran bakteri Lactobacillus dalam kimchi yang difermentasi memberi efek penekanan akibat tungau dan dapat membantu mengurangi peradangan.

Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi yang dilakukan pada pasien obesitas telah menvalidasi efek menguntungkan dari kimchi. Kandungan serat yang ada di dalamnya membuat tubuh menjadi kenyang untuk jangka waktu yang panjang.

Mengobati Diabetes

Penelitian yang dilakukan pada penderita diabetes tipe 2 dengan tinggi lemak dari kimchi menunjukkan sifat anti-diabetes. Studi ini menunjukkan toleransi glukosa lebih rendah setelah mengonsumsi makanan tersebut.

BACA JUGA:

Mengurangi Tukak Lambung

Kimchi memberikan efek terapeutik pada gastritis yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Sebuah studi menunjukkan bahwa bakteri Lacobacillus dalam kimchi dapat menghambat patogen berbahaya ke sel kanker lambung manusia.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini