Cegah Flu dengan Menyantap 6 Makanan Ini, Paling Mudah Jamur

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Kamis 23 November 2017 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 23 298 1819221 cegah-flu-dengan-menyantap-6-makanan-ini-paling-mudah-jamur-eNHeyfJDE1.jpg Sup jamur untuk mencegah flu (Foto:Ist)

FLU adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini umumnya membuat aktivitas menjadi terganggu. Flu biasanya menyerang seseorang apabila kondisi daya tahan tubuh sedang menurun, terlebih di saat perubahan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini.

Pepatah mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Alangkah baiknya jika kita mencegah penyakit flu dengan mengonsumsi makanan di bawah ini. Seperti yang dilansir dari health.com, Kamis (23/11/2017), berikut penjelasannya.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan makerel kaya akan asam lemak omega-3 dan kadar protein yang tinggi. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan yang ada di tubuh, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam studi 2011 yang dilakukan Behavior and Immunity, mereka membuktikan bahwa mahasiswa yang mengonsumsi suplemen minyak ikan selama 3 bulan memiliki tingkat peradangan dan gejala cemas yang rendah.

2. Tiram

Terdapat kekayaan zink di dalam tiram. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Kanada pada 2012 menyimpulkan bahwa mengonsumsi permen yang mengandung zink diyakini dapat menghilangkan gejala flu. Tiram mengandung lebih banyak nutrisi dibanding makanan lainnya. Namun, jangan pernah memakan tiram dalam kondisi mentah sebab tiram mentah mengandung bakteri yang bisa membuat Anda terserang penyakit lain.

3. Yoghurt dan kefir

Bagi sebagian orang menganggap bakteri adalah hal yang buruk, namun ternyata mikroorganisme yang ada di yoghurt berperan penting untuk kesehatan. Mengonsumsi makanan probiotik seperti yoghurt dan kefir adalah cara bagus untuk menambah bakteri baik yang tentunya bermanfaat bagi tubuh, yakni dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu mencegah beberapa penyakit, salah satunya flu.

Tinjauan penelitian 2011 menemukan bahwa mengonsumsi probiotik, baik dalam bentuk makanan maupun suplemen dapat menurunkan risiko infeksi saluran pernafasan bagian atas. Selain itu, yoghurt juga mengandung sejumlah mineral penting yang berguna untuk meningkatkan pembentukan energi.

4. Jamur

Ada berbagai jenis jamur yang tersedia di pasaran, seperti jamur kancing, jamur portobello, jamur shiitake. Dan, semua jamur tersebut mengandung beberapa bentuk antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, bersamaan dengan potassium, vitamin B, dan serat. Jenis jamur shiitake juga mengandung lentinan, nutrisi yang dianggap memiliki khasiat antikanker, sementara jenis portobello bermanfaat untuk memacu produksi vitamin D.

5. Cokelat hitam


Biji kakao sebagai bahan utama cokelat mengandung lebih banyak antioksidan. Kakao juga mengandung zat kimia theobromine yang bisa membantu tubuh melawan gejala flu biasa.

Penelitian Britih Thoracic Society pada 2012 menemukan bahwa kakao dapat memblokir gerakan saraf sensorik pada orang-orang yang terjangkit flu. Namun, dalam mengonsumsi cokelat hitam, perlu adanya porsi yang sesuai , yaitu sekira seperempat ons per hari.

6. Gandum

Gandum mengandung sejenis serat yang disebut beta-glucan. Serat tersebut berguna untuk menurunkan kolestrol dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa beta-glucan dari gandum dapat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini