Jangan Dibuang, Ikuti Trik Ampuh Menyelamatkan Masakan yang Keasinan atau Kepedasan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 24 November 2017 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 23 298 1819317 jangan-dibuang-ikuti-trik-ampuh-menyelamatkan-masakan-yang-keasinan-atau-kepedasan-DmvpbpKrMJ.jpg Trik menyelamatkan masakan yang gagal (Foto:Grilloicracy)

 

MEMASAK merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Terlebih jika hasil masakan Anda disukai oleh keluarga atau rekan kerja di kantor. Namun bagi para pemula, kegiatan ini bisa menjadi hal yang sangat menantang. Hasil masakannya seringkali tidak sesuai dengan yang diharapkan, kalau tidak keasinan rasa makanan cenderung hambar.

Jika sudah demikian, banyak orang yang memilih untuk membuang makanan tersebut. Padahal, ada beberapa cara ampuh untuk menyiasati kegagalan dalam memasak. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Okezone rangkumkan 6 tips menyelamatkan masakan gagal, seperti dilansir dari Food Beast, Jumat (24/11/2017).

BACA JUGA:

Udara Dingin seperti Ini Enaknya Ngemil Pizza Pisang Keju, Jangan Lupa Tehnya

Mengurangi rasa asin

Pada saat memasak, sebagian orang seringkali menambahkan garam yang terlalu banyak. Alhasil, rasa masakan pun akan didominasi rasa asin di mana komponen rasa lainnya tidak terasa sama sekali. Jika sudah demikian, Anda dapat mengkali dengan menambahkan pati untuk mengurangi rasa asin yang berlebih.

Mengurangi rasa pedas

Menambahkan, gula, susu, atau bahan makanan, dipercaya dapat mendistribusikan dan mengurangi rasa pedas pada masakan. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot meminum air mineral saat menyantap makanan pedas.

Mengurangi rasa manis

Terkadang saat membuat dessert, rasa yang dihasilkan cenderung sangat manis hingga bisa membuat seseorang mual. Untuk mengakalinya Anda bisa menambahkan makanan bercita rasa asam atau sedikit bumbu rempah-rempah.

Menghilangkan pecahan kulit telur

 

Memecahkan telur memang membutuhkan teknik khusus agar tidak tercampur dengan serpihan kulitnya. Namun jika hal ini terjadi, Anda bisa mengeluarkan pecahan kulit telur dengan memanfaatkan kulit telur berukuran besar.

BACA JUGA:

Kalau Kylie Jenner Menyembunyikan, 3 Selebriti Ini Malah Rajin Pamer Perut Hamilnya

Memperbaiki pinggiran pai

Kerak atau pinggiran pie sangat rentan atau mudah rusak jika tidak diolah dengan baik. Apabila hal ini terjadi pada olahan pai Anda, solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan ‘lem’ khusus. Dalam kaus ini, lem yang bisa Anda gunakan dapat diolah dibuat dengan campuran tepung terigu dan air. Rekatkan cairan pada pinggiran pai yang retak, kemudian panggang lagi selama beberapa menit. Voila!

Mengempukkan daging ayam

Daging ayam dan kalkun, keduanya cenderung sangat mudah mengalami overcook atau kematangan. Hal ini tentu saja akan membuat teksturnya terasa lebih kering dan keras. Dengan memanfaatkan kaldu ayam atau kuah daging, Anda bisa mengembalikan kelembapan daging dengan sempurna.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini