Simpel Tanpa Ribet, Trik Atasi Sakit Tenggorokan saat Flu Tanpa Minum Obat

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 23 November 2017 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 23 481 1819055 simpel-tanpa-ribet-trik-atasi-sakit-tenggorokan-saat-flu-tanpa-minum-obat-LyDqRKsvbJ.jpg Ilustrasi (Foto: Salon)

HIDUNG meler penuh lendir, napas menjadi lebih sulit hingga sakit tenggorokan, merupakan kondisi saat flu yang sangat membuat kita tidak nyaman. Karena itu, tidak jarang ketika terserang flu aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Oleh karena itu, biasanya seseorang akan langsung mencari obat untuk dikonsumsi ketika flu melanda. Padahal, beberapa acara alami dapat membantu mengatasi masalah hidung tersumbat dan sakit tenggorokan saat flu.

Berikut beberapa cara alami mengatasi masalah hidung tersumbat dan sakit tenggorokan saat flu seperti dikutip Boldsky, Kamis (23/11/2017).

Minum air hangat

Flu dapat menyebabkan seseorang menjadi dehidrasi. Dalam kondisi tersebut, kebanyakan orang akan memilih minum air dingin agar lebih segar. Namun, hal tersebut hanya menimbulkan masalah pada tenggorokan. Untuk itu, cobalah minum air hangat setiap satu jam untuk menjaga tubuh terhidrasi dan meredakan sakit tenggorokan.

Berkumur dengan air garam

Benarkah berkumur dengan air garam bisa menyembuhkan sakit tenggorokan? Air garam dapat menyembuhkan sakit tenggorokan karena menghilangkan virus yang berada di sana. Jadi, virus penyebab sakit tenggorokan keluar bersama dengan air garam setelah berkumur.

Hirup uap dari air hangat

Hidung yang tersumbat akibat flu memang menyebalkan karena membuat sulit bernapas. Namun, untuk mengatasi masalah hidung tersumbat, cobalah menyiapkan air panas dalam suatu wadah. Kemudian, hiruplah uap dari air hangat tersebut agar saluran napas perlahan-lahan tidak tersumbat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini