nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Manfaat Kesehatan, Ini Lho Kekuatan Bayi ASI yang Tak Bisa Dibeli dengan Uang

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 23 November 2017 19:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 23 481 1819413 selain-manfaat-kesehatan-ini-lho-kekuatan-bayi-asi-yang-tak-bisa-dibeli-dengan-uang-J52Q2OTOnj.jpg Ilustrasi (Foto: Health)

MEMBERIKAN Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama enam bulan dan dua tahun ASI kepada bayi memiliki banyak manfaat. Manfaat terbesarnya adalah dari segi kesehatan.

Anak menjadi memiliki antibodi yang baik sehingga tak mudah terserang penyakit. Tetapi selain manfaat dari segi kesehatan, ASI juga memiliki banyak kelebihan. Terutama ketika sang ibu memberikan ASI langsung kepada anak tanpa perantara botol.

Menurut psikolog Intan Erlita, memberikan ASI kepada bayi adalah hal wajib bagi seorang ibu yang mampu memproduksi ASI. Hal ini berhubungan dengan bonding atau kedekatan yang bisa diciptakan dari proses menyusui bayi itu sendiri.

"Berikan ASI dua tahun kalau bisa wajib diberikan. Karena saat pelekatan antara anak dengan payudara ibu ada bonding. Itulah yang tidak bisa dibeli dengan apapun," jelas Intan saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (23/11/2017).

Intan menambahkan, bayi yang mendapat asupan ASI langsung dari ibunya memiliki banyak kelebihan lain dibandingkan bayi-bayi yang tidak mendapatkan ASI selama dua tahun. Meski kesan manja kerap disandang anak karena kedekatannya dengan sang ibu, namun sang ibu bisa memberikan pelajaran tentang kemandirian setelah anak berusia di atas dua tahun.

"Anak yang mendapatkan ASI dua tahun biasanya memiliki bonding lebih tinggi. Memang kesannya lebih manja. Tapi ibu bisa memberikan nilai-nilai kemandirian setelah dua tahun," lanjut wanita yang juga berprofesi sebagai presenter ini.

Selain itu, Intan menjelaskan bahwa bayi-bayi yang mendapatkan ASI langsung dari ibu akan memiliki karakter yang bagus dan kreativitas tinggi. Nilai-nilai inilah yang akan terbawa hingga mereka beranjak dewasa nanti.

"Mereka lebih nyaman, percaya diri, karakternya bagus. Anak juga lebih punya kreativitas yang tinggi. ASI memang menjadi bonding terbaik untuk anak dan ibu," tandas Intan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini