nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Deretan Tanaman Herbal Beraroma Khas yang Biasa Jadi Bumbu Masakan Eropa

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 25 November 2017 06:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 24 298 1820222 okezone-week-end-deretan-tanaman-herbal-beraroma-khas-yang-biasa-jadi-bumbu-masakan-eropa-sA3e0YkTU5.jpeg Thyme dan daun sage dalam masakan (Foto: Taste)

RAMUAN herbal biasanya digunakan sebagai bahan pengobatan alami namun terkadang ada bahan herbal yang memiliki aroma dan rasa khas yang bisa memperlezat makanan. Tidak hanya di Indonesia, seni kuliner Eropa juga banyak memanfaatkan tanaman herbal untuk bumbu masakan.

Kebanyakan tanaman herbal yang ditambahkan dalam masakan Eropa berupa dedaunan dengan rasa dan aroma yang khas. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tanaman herbal yang dikenal sebagai bumbu masakan Eropa. Mungkin salah satu atau seluruhnya pernah Anda gunakan sebagai bumbu masakan.

Daun Sage

Sage merupakan tanaman perdu, daunnya berwarna hijau keabu-abuan dengan bunga biru keunguan. Dalam masakan, daun sage biasa digunakan dalam kondisi segar maupun kering. Rasanya sedikit pedas dan agak pahit dengan aroma harum yang khas. Masakan yang dipanggang akan lebih harum jika ditambah dengan taburan daun sage. Masyarakat Italia, seringkali menggunakan daun sage sebagai taburan minestrone soup atau masakan daging osso buco.

Rosemary

Aroma rosemary yang wangi dan sangat khas membuatnya banyak digunakan sebagai bumbu berbagai hidangan mulai bebek, kalkun, ayam, ikan dan daging panggang atau barbekyu. Rempah ini bisa digunakan dalam bentuk serbuk kering maupun segar. Digunakan sedikit saja sudah bisa membuat harum masakan karena aromanya yang kuat. Bau prengus daging kambing panggang atau amis ikan akan berkurang jika Anda menambahkan bumbu ini. Rosemary juga biasa jadi tambahan bumbu pasta ala Italia.

Thyme

Segala jenis daging, unggas dan seafood terasa lebih sedap jika direndam dalam larutan bumbu yang ditambahkan menggunakan thyme. Jika Anda membuat kaldu untuk sup, jangan lupa tambahkan beberapa lembar thyme agar cita rasanya lebih harum. Bumbu ini biasanya dijual dalam kondisi segar dan kering dalam kemasan botol.

Basil

Tanaman herbs yang sering kita temukan dalam masakan eropa, salah satunya adalah basil. Aroma dari daun basil mirip dengan aroma daun kemangi khas Indonesia. Hal itulah yang membuat orang sering terkecoh dengan bahan masakan ini. Biasanya orang eropa menambahkan daun basil ke dalam masakan olahan seperti ikan, sup, pasta atau salad sayuran. Daun basil segar bisa ditambahkan sebagai bumbu masakan ataupun campuran salad, sementara daun basil kering lebih memungkinkan ditambahkan dalam lebih banyak jenis makanan, kadang daun basil juga dijadikan campuran minuman

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini