nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar 10 Makam Megah Nan Menakjubkan di Dunia

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 24 November 2017 19:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 24 406 1820103 daftar-10-makam-megah-nan-menakjubkan-di-dunia-7e2GPZ6nF0.jpg Taj Mahal (Foto: Reuters)

MAKAM atau situs penguburan selama ini acap diasosiasikan sebagai tempat menakutkan yang dipercaya menjadi rumah hantu-hantu berkeliaran. Namun di lain pihak, beberapa orang menganggap makam menjadi suatu tempat menarik dan menakjubkan untuk dikunjungi.

Berikut sejumlah makam terkenal di dunia dengan bangunan cukup indah.

1. Mausoleum of the First Qin Emperor and the Terracotta Army Shaanxi, China

Mausoleum Kaisar Qin yang pertama dibangun selama beberapa dekade, dari tahun 246 sampai 208 SM. Mausoleum besar itu tersebar lebih dari beberapa kilometer dan ciri paling terkenal dari kompleks ini adalah Terracotta Army yang luar biasa.

Ditemukan pada tahun 1974, Angkatan Darat Terracotta adalah koleksi patung-patung tentara yang sangat luas, bertujuan melindungi kaisar di alam baka. Koleksi ini tersebar di beberapa lubang yang bersama-sama mencakup lebih dari 8.000 tentara, 130 kereta dengan 520 kuda dan 150 kuda kavaleri.

2. The Great Pyramid of Giza Mesir

Sulit dipercaya bahwa struktur masif ini hanyalah mausoleum, namun Piramid Agung Giza dibangun sebagai makam untuk Firaun Khuf. Ini adalah piramida paling terkenal di dunia, yang tertua dan terbesar di antara 3 piramida Giza, dan ini juga merupakan bangunan tertua dan satu-satunya yang masih berdiri dari Tujuh Keajaiban Kuno Dunia. Piramida Agung dibangun sekitar 2560 - 2540 SM, dengan ketinggian 146,5 meter (481 kaki). Piramid Giza terdaftar sebagai situs warisan budaya dunia.

3. Castel Sant’Angelo (Mausoleum of Hadrian) Italia

Castle of The Holy Angel atau dalam bahasa Italia “Castel Sant’Angelo” sebenarnya merupakan mausoleum yang ditujukan untuk Hadrian, seorang kaisar Romawi dan istrinya, Sabina. Bangunan menakjubkan ini dibangun antara tahun 135-139 M dengan bentuk silinder mirip Colosseum di Roma.

Setelah kekaisaran Romawi runtuh, bangunan ini digunakan sebagai benteng dan istana bagi para Paus Katolik Roma. Namanya yang cantik diperoleh dari patung malaikat Mikhael yang ditambahkan di puncak bangunan. Uniknya, bangunan ini digunakan sebagai setting novel Dan Brown “Angels and Demons” hingga game Assassin’s Creed II.

4. Tomb of Cyrus Pasargad, Iran Cyrus the

Great adalah pendiri dan penguasa Kekaisaran Persia pada abad ke-6 SM. Makam yang terletak persis di luar Pasargadae, ibu kota kuno Persia, diyakini sebagai makamnya. Situs tersebut dikunjungi oleh Alexander Agung pada akhir abad ke-4 SM, dan konon Alexander Agung yakin bahwa dia menemukan makam Cyrus. Di dalam kuburan batu kapur di makam ini sekarang ada sarkofagus emas, namun isinya mungkin sudah dicuri sejak lama.

(Baca Juga: Mausoleum, Makam The Founding Father of Vietnam yang Terinspirasi Lenin)

5. Shah-i-Zinda Samarkand, Uzbekistan

Shah-i-Zinda atau "Raja yang Hidup" adalah kompleks yang terkenal dari tiga kelompok struktur di Samarkand Uzbekistan. Beberapa struktur ini berasal dari abad ke-11 dan ke-12, sementara yang lain berasal dari periode berikutnya pada abad ke-14 atau ke-15. Kompleks ini termasuk makam Kusam ibn Abbas, sepupu Nabi Muhammad.

6. Tomb of Jahangir Punjab, Pakistan

Makam Jahangir di Punjab Pakistan ini adalah mausoleum yang dibangun untuk Kaisar Mughal Jahangir yang memerintah dari tahun 1605 sampai 1627. Makam terkenal ini dibangun oleh anaknya sepuluh tahun setelah kematian ayahnya. Strukturnya berdiri di tengah taman dan memiliki menara setinggi 30 meter (98 kaki). Di dalam mausoleum berdiri sarkofagus yang ditinggikan terbuat dari marmer putih dan dihiasi dengan indah.

7. Taj Mahal Agra, India

Mausoleum marmer putih raksasa ini dibangun pada 1632 sampai 1653, atas perintah kaisar Mughal Shah Jahan untuk istrinya. Taj Mahal paling terkenal dengan kubah marmernya yang spektakuler dengan ketinggian 35 meter yang dibangun di atas makam. Taj Mahal adalah monumen paling terkenal di India dan telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1983.

8. Lenin Mausoleum Moskow, Rusia

Terletak di Lapangan Merah Moskow, di samping Kremlin dan Katedral Saint Basil, Makam Lenin menyimpan tubuh salah satu pendiri Uni Soviet Vladimir Lenin yang telah dibalsem. Tubuh Lenin yang dibalsem itu telah dipamerkan sejak lama setelah kematiannya pada tahun 1924. Sarkofagus dijaga pada suhu 16 ° C (61 ° F) dan dijaga pada kelembaban 80% - 90%.

9.Palace of The Sun Korea Utara

Mausoleum ini didedikasikan bagi bapak pendiri Korea Utara Kim Il Sung dan putranya Kim Jong Il. Palace of the Sun atau Kumsusan Memorial Palace terletak di Pyongyang dan dibangun pada 1976. Makam ini adalah makam diktator komunis terbesar di dunia, bahkan lebih besar daripada makam Stalin dan Lenin di Rusia.

Makam tersebut dibangun dengan dana sekira USD100 juta meskipun kala itu ratusan ribu rakyat Korea Utara tengah menderita karena dilanda bencana kelaparan. Di dalam makam terdapat jenazah sang diktator yang diawetkan dalam balsem dan disemayamkan dalam peti kristal.

10.Mausoleum of the Shirvanshahs Baku, Azerbaijan

Mausoleum Shirvanshahs adalah bagian dari Istana Shirvanshah, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO yang berada di dalam wilayah Kota Baku, Azerbaijan. Mausoleum ini berbentuk segi empat dan dihiasi dengan indah. Mausoleum ini dibangun atas perintah Sultan Khalilullah I untuk ibu dan anaknya yang hidup di abad ke-15.

(Baca Juga: Cerita di Balik Hidupnya Mausoleum Imam Bukhori di Uzbekistan Berkat Jasa Bung Karno)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini