nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Pemakaman Mewah di Indonesia, Bisa Single atau Double, Jangan Tanya Harganya

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 24 November 2017 19:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 24 406 1820117 8-pemakaman-mewah-di-indonesia-bisa-single-atau-double-jangan-tanya-harganya-pqURhcKeGL.jpg San Diego Hills (Foto: Dok SDH)

SEJUMLAH kompleks pemakaman mewah nan mempesona berdiri dengan megah di berbagai belahan dunia.

Tilik saja Green-Wood Cemetery dan Santa Barbara Cemetery di Amerika Serikat. Begitu pula dengan Cimitiere Du Montparnasse di Paris. Baik lokasi maupun fasilitasnya sungguh luks.

Green-Wood Cemetery misalnya. Kompleks pemakaman ini berada di atas bukit dengan ketinggian 60 meter di atas permukaan laut. Dengan kontur tanah seluas 1,9 kilometer persegi. Pemakaman yang dibangun pada 1838 ini adalah kompleks pemakaman paling prestisius di negara bagian New York. Makam dibagi dalam berbagai jenis desain.

Kemudian, Santa Barbara Cemetery di Amerika Serikat. Atmosfer pemakaman ini begitu tenang dan damai. Selain letaknya di atas bukit, pemakaman ini juga langsung menghadap ke Samudra Pasifik. Di Santa Barbara Cemetery, harga untuk area pemakaman yang paling murah dibanderol USD3.300 (nyaris Rp30 juta).

Selanjutnya Cimitiere Du Montparnasse, selain menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi banyak ilmuwan dan orang penting Prancis, Cimitiere Du Montparnasse memiliki pemandangan indah serta suasana tenang dan damai.

Di bagian tengah area pemakaman, terdapat taman indah luas, dengan hiasan patung perunggu besar karya pematung Horace Daillion yang dibuat pada tahun 1889. Kompleks pemakaman ini juga menjadi lokasi wisata para turis mancanegara.

Seolah tak mau ketinggalan, makam-makam mewah juga bermunculan di berbagai wilayah di Indonesia dengan fasilitas luar biasa. Tak percaya? Simak daftarnya:

1.San Diego Hills Memorial Parks, Karawang, Jabar

Komplek pemakaman mewah ini berada di Karawang, Jawa Barat. Dikutip dari laman resminya, pemakaman ini merupakan salah satu unit usaha dari perusahaan properti Lippo Karawaci ini memiliki luas lahan sekira 350 hektare (ha). Sebanyak 250 ha di antaranya sudah berdiri pemakaman dan fasilitas lainnya seperti pusat rekreasi keluarga, foodmart, forestcapel, dan sarana olahraga serta danau seluas 8 ha.

2. Taman Memorial Graha Sentosa

Area pemakaman ini berdiri di bawah korporasi induk Artha Graha, melalui lini usahanya yakni PT Permata Bumi Kencana dan masuk ke dalam bagian dari International Cemetery, Cremation And Funeral Association, kini area pemakaman tersebut menjadi salah satu area kuburan bertaraf internasional dan modern di Indonesia.

3. Heaven Memorial Park

Taman pemakaman yang berada di daerah Bogor, Jawa Barat ini khusus bagi kalangan Tionghoa. Dikutip dari laman resminya, taman kuburan tersebut didirikan sejak tahun 2002 oleh Yayasan Naga Sakti, Heaven Memorial Park sendiri memiliki luas lahan sebesar 120 hektare yang terdiri dari dua paket, single dan double.

4. Al Azhar Memorial Garden

Kompleks pemakaman yang bernaung dibawah Yayasan Al Azhar ini berlokasi di Km 52 Tol Jakarta-Cikampek atau tepatnya di kawasan industri Karawang Timur, hampir berdekatan dengan San Diego Hills.

Kompleks yang diklaim sebagai area pemakaman khusus muslim satu-satunya di Indonesia ini memiliki luas tanah 25 hektare yang terdiri dari 30 ribu unit kavling pemakaman, rest area, taman, dan masjid untuk pemulsaran atau pengurusan jenazah.

5. Oasis Lestari, Tangerang

Oasis Lestari merupakan tempat pemakaman milik Dana Pensiun Konferensi Waligereja Indonesia (DP KWI) yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto Km 7– 8, Jatake Tangerang. Tarif kremasi yang ditawarkan adalah peti kecil ukuran 80–100 cm sebesar Rp4 juta, peti dewasa tebal tebal 2–3 cm senilai Rp5,25juta, peti dewasa 4 cm dibanderol Rp6 juta, dan termahal peti dewasa 8 cm harganya Rp8 juta.

6. Nirwana Memorial Park, Pasuruan Jatim

Kompleks pemakaman ini berlokasi di Kabupaten Pasuruan dengan luas 60 hektare. Nirwana Memorial Park diresmikan Juli 2011. Menurut informasi, Nirwana didirikan Boedi Sampoerna, tokoh perusahaan PT HM Sampoerna Tbk.

7. Taman Makam Quilling, Bogor

Pemakaman ini dikhususkan untuk kalangan Tionghoa yang berlokasi di Jonggol, Bogor. Pemakaman ini dibangun oleh Suwito Muliadi yang mendirikan Yayasan Naga Sakti. Harga tanah di pemakaman ini antara Rp2,5 juta hingga ratusan juta.

(Baca Juga: Peneliti Temukan Makam 'Dewa Raja' Zaman Maya Kuno, Ini Wujudnya!)

8. Mount Carmel, Semarang

Ini merupakan taman pemakaman modern pertama dan terbesar di Jawa Tengah. Mount Carmel luasnya 100 hektare dan dikembangkan oleh PT Pagoda Karya Abadi. Selain di Semarang, kompleks pemakaman mewah juga ada di Kawengen, Ungaran Timur yakni Heaven Hill Memorial Park dengan luas 10 hektare.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini