nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pria Ini Rela Lari Ribuan Kilometer, Alasannya Bikin Terenyuh

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 24 November 2017 09:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 24 481 1819693 pria-ini-rela-lari-ribuan-kilometer-alasannya-bikin-terenyuh-7RzAGZ3Mx3.jpg Sunil Sharma (Foto: Thebetterindia)

SESEORANG yang ingin mendonorkan darah biasanya harus mengikuti syarat-syarat yang telah ditentukan. Salah satunya adalah menyumbangkan darah paling banyak 5 kali dalam satu tahun.

Namun seorang pria di India melakukan hal yang berbeda. Pria bernama Sunil Sharma dari Himachal Pradesh ini secara rutin mendonorkan darahnya empat kali dalam sebulan.

Tidak hanya itu, Sunil Sharma juga melakukan kegiatan yang ekstrem, yakni ikut lari dalam jarak ratusan kilometer. Dalam satu tahun, ribuan kilometer telah dia tempuh.

Sunil ingin membuktikan bahwa meskipun seseorang melakukan olahraga ekstrem, tetapi seseorang tetap bisa menyumbangkan darahnya secara teratur. Sunil sendiri merupakan pengelola sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menyediakan darah gratis untuk orang-orang yang membutuhkan. LSM tersebut juga menanggung biaya pengobatan untuk pasien miskin.

Sunil ingin seseorang bisa menyumbangkan darah mereka tanpa rasa ketakutan. Bahkan jika seseorang berlari sejauh 40 - 50 kilometer sehari.

Ia pun membuat lama Facebook dengan nama "Run 4 Social Cause". Sejak saat itu, ia berpartisipasi dalam beberapa hal penting. Hal pertama yang dia lakukan adalah menjalankan program "Save Forest and Save Water", sebuah kegiatan lari sepanjang 127 kilometer yang diikuti selama 13 jam 55 menit.

Kemudian pada tanggal 8 Maret 2016, Sunil melakukan lari 250 kilometer dari Chandigarh ke Delhi yang diselesaikan dalam 38 jam 25 menit untuk memperingati Hari Wanita Sedunia.

Ia melanjutkan kegiatannya dengan mengikuti "The Great India Run" yang mengharuskan peserta lari menempuh jarak 1480 kilometer selama 19 hari. Dalam acara ini, Sunil ditempatkan lebih dulu dan menyelesaikan jarak 150 kilometer dalam waktu 22 jam 55 menit pada Juli 2017.

Sunil masih melakukan berbagai kegiatan lari dengan mengikuti beragam acara. Hampir setiap bulan ia rutin lari dengan jarak ratusan kilometer.

Sunil berharap bisa menggabungkan rasa cintanya pada berlari dengan melakukan kegiatan sosial yang relevan. Dia juga ingin orang lain rutin mendonorkan darahnya kepada orang yang membutuhkan tanpa rasa takut. Demikian dilansir dari Thebetterindia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini