Tak Usah Takut Toksoplasma, Pelihara Kucing Bagus untuk Kesehatan Lho!

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Jum'at 24 November 2017 15:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 24 481 1819894 tak-usah-takut-toksoplasma-pelihara-kucing-bagus-untuk-kesehatan-lho-O5h2dPRjjb.jpg Pelihara Kucing (Foto: Youtube)

KUCING merupakan salah satu hewan yang bersahabat bagi manusia. Namun, banyak masyarakat berspekulasi bahwa memelihara kucing bisa mengakibatkan mandul bagi wanita karena rumor toksoplasma yang bisa ditularkan oleh kucing.

Spekulasi ini di bantah oleh Drh. Angela Maharani. Ia menuturkan selama pola hidup pemilik hewan dan cara merawat hewan peliharaan diperhatikan, maka toksoplasma pun bisa dicegah.

"Jika kita sudah selesai membersihkan box kucing atau bermain dengan kucing, sebaiknya mencuci tangan dengan metode yang tepat. Hal ini bisa mencegah kita terjangkit penyakit akibat terpapar bulu kucing." ujarnya di Cassis Kitchen, Kamis (24/11/17).

BACA JUGA: Hotel Mewah Khusus Hewan Peliharaan per Malam Rp1,8 Juta, Fasilitasnya Enggak Masuk Akal!

Sebenarnya tak perlu khawatir ketika memelihara kucing. Sebab, hewan ini tergolong apik dalam menjaga tubuhnya agar tetap bersih. Misalnya dalam membersihkan diri, kucing menjilati tubuhnya dengan lidah.

Lidah kucing memiliki serat seperti sisir yang dapat membersihkan debu. Bulu yang tersaring biasanya tertelan dan akan dimuntahkan kembali dalam bentuk bola.

Lebih dari itu, memelihara kucing ternyata juga bermanfaat bagi si pemilik. Di antaranya dapat menumbuhkan rasa empati dan disiplin, meningkatkan imunitas tubuh serta menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika dan Inggris dengkuran kucing juga sangat bermanfaat. Dampak dengkuran hampir sama seperti sonar yang dikirimkan lumba-lumba.

BACA JUGA: VIRAL! Seperti Manusia, Kelakukan Hewan-Hewan Ini Kok Bikin Gemes Sih

Fungsinya adalah untuk memulihkan sindrom traumatik, serta mengirimkan energi pada memicu hormon tubuh dan memberikan efek relax.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini