nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Mengenal Jenis-Jenis Terapi Herbal

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Sabtu 25 November 2017 09:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 24 481 1820105 okezone-week-end-mengenal-jenis-jenis-terapi-herbal-MclhOaCHht.jpg Terapi herbal (Foto: Medicinetea)

PEMANFAATAN herbal di kalangan masyarakat memang telah meluas. Masyarakat telah menggunakan obat herbal untuk berbagai tujuan. Namun, sejatinya pemanfaatan herbal yang ada pun bermacam-macam.

Ada tiga jenis terapi herbal yang dikenal. Apa sajakah? Berikut uraiannya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Ayurveda

Ayurveda merupakan salah stau terapi herbal tertua di dunia, bahkan telah eksis selama lebih dari 5000 tahun. Nama Ayurveda berasal dari dua suku kata, ayur yang berarti kehidupan dan veda berarti pengetahuan. Jadi, Ayurveda berarti pengetahuan tentang hidup sehat. Setiap ayurveda memiliki banyak khasiat yang berguna bagi pikiran, tubuh, dan jiwa. Mulai dari mengurangi berat badan, penuaan, detoks, hingga masalah area kewanitaan.

Tradisional

Menurut data Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Indonesia merupakan rumah bagi 30 ribu dari 40 ribu jenis tanaman obat di dunia. Karena banyaknya jenis tanaman obat sejak zaman dahulu, tanaman obat telah menjadi bagian dari tradisi pengobatan tradisional. Tanaman obat juga dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Pengobatan China

Masyarakat China juga sudah lama menggunakan ramuan herbal untuk mengobati penyakit sejak berabad-abad lamanya. Tak hanya di China, tanaman herbal yang kerap digunakan mereka juga bisa ditemukan di belahan dunia lainnya. Misalnya, ginseng, jamur, goji atau wolfberry, ephedra sinica atau ma huang, bupleurum, dan lainnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini