nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penting Diketahui! Ini Mesti Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Jamu Buatan Sendiri

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 25 November 2017 18:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 24 481 1820166 penting-diketahui-ini-mesti-diperhatikan-sebelum-mengonsumsi-jamu-buatan-sendiri-1tZiTQNeBC.jpg Jamu untuk kesehatan tubuh (Foto:Axe)

 

BANYAK literatur yang menyarakan untuk mencoba pengobatan alternatif. Selain bahan-bahannya bisa ditemukan di sekitar rumah atau setidaknya mudah dicari, pengobatan herbal itu dipercaya memiliki efek samping yang tidak terlalu berisiko pada kesehatan tubuh.

Membuat olahan minuman atau makanan herbal sebagai obat penyembuhan itu bukan perkara mudah. Tetap butuh takaran yang tepat dan cara pengolahan yang baik. Pada beberapa minuman juga ada yang harus ditambahkan dengan bahan alami lainnya dan itu pun tidak asal pilih.

Referensi menjelaskan bahwa banyak tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Tapi, tidak bisa dianggap sepele, cara pengolahan itu harus menjadi hal penting yang diperhatikan. Nah, Okezone kali ini coba menjelaskan beberapa hal yang penting diperhatikan sebelum mengonsumsi jamu buatan sendiri.

1. Perebusan bahan herbal jangan di suhu terlalu panas

Mungkin banyak penjelasan yang Anda baca menerangkan kalau salah satu pengolahan bahan herbal adalah dengan merebusnya. Tapi, tahukah Anda, perebusan yang dilakukan ternyata tidak dalam suhu yang terlalu tinggi.

Dikatakan, suhu yang paling tepat itu tidak melebihi 60 derajat selsius. Hal ini dilakukan agar kandunga khasiat yang ada di dalam tanaman herbal itu tidak ilang dalam proses perebusan dengan suhu terlalu tinggi. Ya, kalau akhirnya memaksakan di suhu tinggi, Anda hanya seperti minum larutan tanaman herbal, tanpa ada khasiatnya. Ya, percuma!

2. Alat perebusannya sebisa mungkin adalah gelas kaca

Ini terdengar ribet, tapi dijelaskan bahwa gelas kaca tidak membuang partikel baik dalam tanaman herbal. Dengan begitu, kandungan khasiat dari tanaman tersebut masih tetap ada di dalam larutan tersebut, tidak memuai. Namun, yang perlu diperhatikan lainnya adalah karena gelas kaca ini cepat menerima panas, makanya, jangan lupa untuk beri kawat kasa dulu ya agar gelas kaca tidak langsung terpapar sumber api.

3. Jangan tutup panci perebusan!

Nah, ini juga terkait dengan logika. Mungkin Anda beranggapan kalau zat baiknya tidak ingin hilang, maka tutup saja pancinya. Padahal, tindakan itu malah mempercepai penghilangan zat baik dalam tanaman herbal. Jadi, biarkan saja saat perebusan panci perebusan terbuka, ya.

4. Segera diminum

Ya, memang ada untungnya kalau melakukan perebusan larutan herbal sekaligus banyak. Tapi, ada baiknya proses pembuatan minuman herbal ini untuk sekali minum. Sebab, kalau dilakukan proses penyimpanan, dikhawatirkan adanya pengurangan manfaat yang ada di dalam larutan tersebut. Jadi, selagi hangat langsung dikonsumsi saja, ya.

 

5. Konsumsi secara cukup

Bukan berarti Anda minum jamunya banyak, penyakit cepat hilang. Ini pemikiran yang sangat keliru. Jadi, konsumsi minuman herbalnya tetap sesuai dengan yang dianjurkan, ya. Begitu juga saat perebusan maupun bahan alami lainnya yang mungkin ditambahkan. Semuanya harus cukup.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini