nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Sederet Manfaat Baik Daun Dewa, Salah Satunya Penyembuh Kencing Manis

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 25 November 2017 13:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 24 481 1820172 okezone-week-end-sederet-manfaat-baik-daun-dewa-salah-satunya-penyembuh-kencing-manis-17GZGboe5t.jpg Daun dewa dan banyak manfaatnya (Foto:Ist)

PERNAH mendengar daun penyambung nyawa? Lucu bukan? Daun ini memiliki ciri khas berbatang kecil dengan daun runcing pada bagia ujungnya. Memiliki nama penyambung nyawa, jangan heran kalau daun ini memang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan manusia.

Daun penyambung nyawa atau daun dewa pertama kali dimanfaatkan sebagai obat herbal di negara China. Di sana, tanaman ini biasa dikenal dengan sebutan Samsit atau San qi cao. Sementara itu, bahasa latin untuk daun ini adalah Gynura segetum.

Bicara mengenai manfaat daun dewa, ternyata daun ini tidak hanya memiliki satu khasiat, tetapi lebih dari 10 manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut pun sudah diakui banyak ahli medis dan kegunaannya sudah banyak dirasakan masyarakat.

Dikutip dari berbagai referensi, berikut 10 manfaat daun dewa untuk tubuh manusia

1. Mengobati darah tinggi

Salah satu penyebab masalah ini adalah meningkatnya tekanan darah dalam arteri atau pembuluh darah. Dengan memanfaatkan tanaman ini, tekana darah bisa menurun secara alami tanpa efek samping. Nah, pemanfaatannya bisa dengan merebus 7-10 helai daun sampai mendidih, lalu diamkan sampai dingin atau hangat. Minum dua kali sehari, ya.

 

2. Mencegah perkembangan sel kanker

Ini menjadi salah satu keunggulan daun dewa. Ya, daun ini ternyata bisa menghentikan perkembangan sel kanker yang mungkin ada di dalam tubuh Anda. Daun ini ternyata bersifat sitotastik yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tersebut. Nah, pemanfaatannya Anda bisa merebus daun dewa sekitar 5-10 lembar. Campurkan dengan temu putih serta jombang, lalu rebus dengan air 3 gelas. Biarkan mendidih sampai akhirnya airnya tersisa 1 gelas. Saring dan minum.

3. Meningkatkan fungsi hati

Kandungan yang ada di daun dewa juga dipercaya bisa menjadi penawar racun dalam tubuh. Caranya dengan merebus 3-5 helai daun sampai mendidih. Diminum selagi hangat di pagi atau sebelum tidur.

 

4. Mengobati penyakit demam berdarah

Karena daun ini memiliki khasiat penawar racun, tentunya Anda yang memiliki masalah demam berdarah bisa meminum cairan larutan daun dewa untuk pengobatannya. Cara pengolahannya adalah dengan merebus sekitar 5-7 helai daun dewa dengan 2 gelas air. Minum secara teratur sampai kondisi membaik.

 

5. Mengobati wasir

Wasir atau ambeien merupakan masalah yang terjadi di anus atau rektum bagian bawah. Penyakit ini ternyata bisa disembuhkan dengan larutan daun dewa. Caranya dengan merebus beberapa helai daun dewa dengan 2 gelas air. Tiriskan dan minum 2 kali sehari.

6. Mengobati kencing manis

Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi adalah penyebab penyakit kencing manis atau Diabetes. Penyakit ini bisa diobati dengan memanfaatkan ramuan daun dewa, karena obat alami sangat lebih baik daripada obat-obatan kimia atau medis. Salah satu kandungan dalam daun dewa memiliki sifat hipoglikemin yang berpungsi menurunkan kadar gula dalam darah. Caranya adalah dengan merebus 5 helai daun dewa dengan 3 gelas air bersih. rebus hingga mendidih sampai air menjadi 1 gelas, minum setiap pagi atau malam menjelang tidur.

 

7. Mengobati Reumatik

Gangguan kesehatan yang terjadi pada tulang persendian biasa disebut dengan nama rematik atau disebut juga dengan istilah asam urat. Kandungan yang dimiliki tanaman daun dewa ini juga mampu mengobati penyakit tersebut. caranya adalah dengan memanfaatkan daun nya. Rebuslah 10-15 helai daun dewa atau 30 gr daun dewa segar, dicampur dengan 10 gr jahe merah kemudian tambahkan 30 gr akar sawi langit. Rebis dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 gelas air. dinginkan, lalu saring dengan kain bersih. minum setiap hari secara rutin.

8. Mengobati stroke

Penyakit stroke yang bisa menyebabkan kelumpuhan ini disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah otak atau pecahnya pembuluh darah diotak. Suplai oksigen dalam darah darah akan terganggu bahkan terhenti, akibat atau gejala yang timbul diantaranya: bicara cadel ( pelo ), lumpuh sebelah, lumpuh wajah sebelah.

Tanaman daun dewa juga dapat mengobati penyakit stroke ini dengan cara memanfaat umbi daun dewa yang sudah dikeringkan, tumbuk sampai halus sekitar 30 gr akar daun dewa, lalu tambahkan 6 butir biji gingko kemudian seduh dengan segelas air lalu tambahkan madu 1 sendok makan. Alternatif lain adalah dengan cara memasukan tumbukan umbi daun dewa dan tumbukan 10 butir biji ginko kedalam kapsul, cara ini sudah banyak diterapkan pada pngobatan herbal. Minumlah rutin setiap hari selama 1-2 bulan.

 

9. Melancarkan haid

Bagi kaum hawa yang mengalami gangguan haid, atau haid tidak lancar dapat memanfaatkan rebusan daun dewa. Caranya adalah dengan merebus tumbukan 15-30 gr daun dewa, tambahkan sedikit arak yang sudahj dipanaskan lalu minum dalam keadaan hangat.

10. Mengobati Penyakit Jantung

Jantung memilik fungsi dasar sebagai pemompa darah merah dan menyalurkannya keseluruh tubuh melalui pembuluh besar. Penyakit jantung merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini banyak macam dan tingkatannya. Penyebab utamanya adalah pembengkakan atau penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan suply darah terganggu atau terhenti. Ramun tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit jantung dengan memanfaatkan umbi atau akarnya. Caranya adalah dengan menumbuk 10 gr umbi atau akar daun dewa sampai halus, kemudian seduh dengan air mendidih kemudian saring ampasnya. Diminum dalam keadaan hangat lebih baik. Minum lah ramuan ini setiap sore.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini