nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Lakukan Adat Mapangir, Kahiyang dan Bobby Jalani Adat Mangupa-upa

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 25 November 2017 11:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 25 196 1820379 usai-lakukan-adat-mapangir-kahiyang-dan-bobby-jalani-adat-mangupa-upa-Wdt5jI9TFV.jpg Kahiyang-Bobby prosesi adat mangupa-upa (Foto: Inews)

RANGKAIAN prosesi adat pernikahan Mandailing yang dilakukan oleh Kahiyang Ayu Siregar dan Bobby Nasution memasuki puncaknya pada, Sabtu (25/11/2017. Prosesi yang tengah berlangsung adalah Mangupa Dohot Manabalkan Goar Matohang atau pemberian gelar kepada kedua mempelai. Sekadar informasi, Bobby merupakan turunan raja.

Sebelum prosesi pemberian gelar, lebih dahulu dilakukan Tu Tapian Raya Bangunan Na Martua. Pada prosesi ini, sebelum menuju gelanggang dilakukan adat marpangir atau memandikan. Terlihat Kahiyang dan Bobby diperciki air dan menghanyutkan benda ke replika aliran sungai. Arti dari prosesi adat ini adalah keduanya sudah menghanyutkan atau membuang masa remaja dan ketika lajangnya. Sehingga mempelai sudah siap untuk menjalankan rumah tangga.

Selesai melakukan adat mapangir, barulah prosesi dilanjutkan dengan pemberian marga. Dari tempat berlangsungnya mapangir, Kahiyang dan Bobby tampak berjalan menuju gelanggang diiringi dengan tarian manortor. Setiba di gelanggang, keduanya menjalani prosesi yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan Iriana.

Presiden Jokowi dan Iriana terlihat mengulosi atau memberikan ulos kepada Kahiyang dan Bobby dilanjutkan dengan penaburan beras kuning. Tampak semuanya tersenyum sumringah. Setelah semuanya selesai dilakukan, gondang mulai dibunyikan untuk mengiringi dan menghantarkan mempelai ke pelaminan. Beberapa anggota keluarga dan tokoh adat juga ikut naik ke pelaminan. Kembali lagi, posisi tempat duduk sudah diatur.

Setelah semua duduk di pelaminan, prosesi adat dilanjutkan dengan pemberian gelar dan Mangupa-upa di Bagas Namartua. Prosesi mangupa ini dipimpin oleh Datu Pangupa yang memberikan upa-upa atau restu. Upa-upa yang diucapkan oleh Datu Pangupa merupakan pengharapan agar mempelai dapat membina rumah tangga yang berbahagia.

Prosesi selanjutnya adalah memakan hidangan tradisional yang sudah disediakan. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian ajar poda atau petuah kepada mempelai. Ajar poda diucapkan oleh Ade Hanifah Siregar selaku orangtua dari Bobby. Sementara itu, Presiden Jokowi selaku orangtua Kahiyang juga ikut memberikan pesan-pesannya kepada kedua mempelai.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini