nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prosesi Ajar Poda, Ini Nasihat Ade Hanifah Siregar kepada Kahiyang Ayu-Bobby

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Sabtu 25 November 2017 12:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 25 196 1820386 prosesi-ajar-poda-ini-nasihat-ade-hanifah-siregar-kepada-kahiyang-ayu-bobby-2LS8hA9u0w.jpg Pernikahan Kahiyang-Bobby (Foto: @mojokebaya/Instagram)

RENTETAN acara pernikahan adat Mandailing Kahiyang Ayu Siregar dan Bobby Nasution masih terus diselenggarakan di Bukit Hijau Regency, Medan, Sumatera Utara. Usai melalui prosesi Tapian Raya Na Martua, prosesi disusul dengan Ajar Poda atau nasihat kepada kedua pengantin.

Nasihat diberikan oleh Joko Widodo selaku orangtua Kahiyang dan Ade Hanifah Siregar, selaku orangtua Bobby, dan para raja adat sebagai bekal berumahtangga. Lantas, apa isi nasihat yang diberikan oleh Ibunda Bobby?

Ade Hanifah Siregar mengingatkan Kahiyang dan Bobby agar bisa menjadi pasangan yang saling mengingatkan dalam hal apa pun. "Saling mengingatkan, kalau Bobby ada salah Ayang bisa ingatkan. Begitu sebaliknya, kalau Ayang melakukan hal tidak baik, Bobby yang ingatkan. Kalian harus seiya sekata, berjalan beriringan," ujar Ade dalam prosesi Ajar Poda di Bukit Hijau Regency, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017).

"Jangan segan-segan untuk cerita sama Mama. Sekarang Mama Ayang bukan cuma Ibu Iriana, tapi Mama orangtua Ayang juga. Begitu juga dengan Papa, Papa Bobby (almarhum) adalah Papa Ayang. Bobby memang anak terakhir di keluarga kami, tapi setelah berumahtangga semoga dia bisa menjadi kepala keluarga yang baik," lanjutnya.

Selain itu, ibu tiga orang anak ini juga berpesan mengenai pentingnya menjaga nama baik keluarga.

"Pandai-pandailah, Nak. Begitu banyak godaan di luar sana, pandailah membawa diri dan nama baik keluarga harus dijaga. Jangan mau terombang-ambing oleh situasi tak menentu," terang Ade.

Tak lupa, Ade mengingatkan agar Kahiyang-Bobby tak meninggalkan kewajibannya sebagai seorang Muslim, yakni menjaga salat lima waktu. "Jangan tinggalkan salat. Salat adalah tiang agama, bagaimana pun sibuk dan repotnya, luangkan waktu untuk kembali pada Tuhan. Karena ini semua tak ada artinya tanpa kehendak-Nya," tutup Ade.

Di akhir prosesi Ajar Poda, Bobby pun menghaturkan rasa terima kasih kepada seluruh keluarga besar dan para raja adat yang hadir.

"Semoga upa-upa penuh makna dan doa yang sudah diberikan ini bisa diterima di badan kami dan diamalkan. Terima kasih sebesar-besarnya kepada raja adat yg telah memberikan gelar raja kepada kami. Mudah-mudahan gelar tersebut bisa kami emban dengan baik," tutur Bobby, yang mendapat gelar Sutan Porang Gunung Baringin Naposo.

Setelah prosesi Ajar Poda dilanjutkan dengan Tortor Sumba. Di mana kedua pengantin melakukan Manortor atau menari di hadapan orangtuanya sebagai tanda terima kasih dan penghormatan kepada orangtua dan para raja adat. Kahiyang dan Bobby pun juga melakukan prosesi sungkem pada orangtuanya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini