nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Hamil Dilarang Ngidam Deretan Herbal Ini, Terutama Kunyit

Vessy Frizona, Jurnalis · Minggu 26 November 2017 09:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 25 298 1820461 ibu-hamil-dilarang-ngidam-deretan-herbal-ini-terutama-kunyit-lqYFwm8iVv.jpg

Ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi makanan serta minuman sehat, dan obat-obatan dari bahan alami. Misalnya, meminum jamu atau dedaunan yang direbus.

Namun perlu diingat, tidak semua racikan herbal boleh dikonsumsi ibu hamil. Okezone merangkum tanaman herbal yang tidak boleh dikonsumsi ketika mengandung.

Kunyit

Kunyit berkhasiat untuk mencairkan darah menstruasi yang menggumpal. Jika dikonsumsi ibu hamil, kunyit dapat merangsang rahim sehingga memicu pendarahan.

Nanas

Kandungan bromelin dalam nanas dapat melemahkan leher rahim. Risiko kontraksi atau keguguran kemungkinan besar terjadi setelah mengonsumsi nanas. Namun jika usia kandungan sudah memasuki trimester ketiga, nanas boleh dikonsumsi sebab dapat merangsang induksi secara alami.

(Baca Juga; Bolehkah Ibu Hamil Pakai Celana Jins?)

Putri Malu

Daun putri malu termasuk daftar herbal jenis benalu yang dilarang bagi ibu hamil karena mudah merangsang muntah. Kandungan dalam daun putri malu, yaitu tanin, mimosin, dan asam pipekolinat merangsang indera penciuman dengan aroma kuat. Jadi ibu hamil yang sensitif dilarang dekat-dekat dengam si putri malu.

Temu Putih

Tanaman rimpang yang mirip lengkuas ini memiliki nama ilmiah Cucuma Zedoaria Rosc. Herbal ini pantang dikonsumsi ibu hamil dan wanita haid karena dapat membahayakan janin hingga menyebabkan keguguran dan juga gangguan usus besar.

(Baca Juga: Begini Trik agar Tetap Tampil Stylish Selama Hamil)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini