nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Herbal Khas untuk Menghilangkan Bau Badan

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 26 November 2017 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 25 481 1820350 5-herbal-khas-untuk-menghilangkan-bau-badan-VJDYPgK6Ht.jpg Oregano (Foto: Medicalnewstoday)

BAU badan sebagian disebabkan oleh pertumbuhan bakteri. Saat Anda menjadi terlalu panas, tubuh Anda menghasilkan keringat dari kelenjar yang disebut kelenjar apokrin.

Keringat yang tidak kunjung hilang dapat menumbuhkan bakteri. Hal itulah yang menyebabkan seseorang mengalami bau badan.

Daripada menggunakan deodoran, sebaiknya Anda bisa konsumsi beberapa tanaman herbal yang lebih aman. Pilih tanaman yang bersifat antibakteri agar dampaknya baik bagi kesehatan.

Dilansir Livestrong, Minggu (26/11/2017), berikut adalah lima jenis tanaman untuk mencegah bakteri penyebab bau badan. Simak ulasannya dan konsumsilah setiap hari.

Kemangi

Daun kemangi atau basil bisa mencegah bau badan. Dari segi rasa, daun kemangi cenderung manis dan pahit. Biasanya Anda bisa mengonsumsi sebagai lalapan atau bahan tambahan dalam sambal. Pilih kemangi yang segar dan bisa membuat wangi mulut terjaga.

Rosemary

Tanaman ini adalah ramuan yang digunakan dalam masakan Italia, namun juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Termasuk dapat mengatasi bau badan yang tak sedap alias pengganti deodoran. Rosemary bersifat antibakteri yang dapat menjaga Anda dari risiko bau badan.

Oregano

Penelitian awal dari CAMonline menunjukkan bahwa ramuan oregano menjadi obat alami penangkal bau badan. Tambahkan bubuk oregano ke dalam masakan atau air yang biasa digunakan untuk mandi. Aroma oregano juga menambah nafsu makan yang tidak merugikan Anda.

Cengkih

Tanaman cengkih wanginya juga khas, sehingga bisa mencegah Anda dari bau badan. Makan masakan dengan tambahan cengkih agar rasanya nikmat. Tanaman ini bisa membuat Anda lebih nyaman dan percaya diri, karena bisa bebas dari bau badan.

Minyak lavender

Bunga lavender juga bisa mencegah bau badan. Biasanya digunakan sebagai minyak yang dioleskan ke kulit. Bahkan, jenis bunga lavender biasa dikenakan dalam wangi sabun mandi yang khas sekali.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini