nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daun Kelor, Si Mistis yang Menyehatkan

Vessy Frizona, Jurnalis · Sabtu 25 November 2017 20:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 25 481 1820419 daun-kelor-si-mistis-yang-menyehatkan-omfobOd8nW.jpg (Foto: Shutterstock)

PERIBAHASA “Dunia tak selebar daun kelor” menunjukkan betapa mungilnya daun hijau bernama latin Moringa Oleifera itu. Di balik bentuknya yang dipandang sebelah mata, ada manfaat besar bagi manusia.

Daun kelor berbentuk oval dan tumbuh bersusun setinggi 7-11 meter. Biasanya mudah ditemui di antara semak-semak kebun rumah sebagai bahan sayur bening. Selain bermanfaat sebagai sumber nutrisi, kelor selalu dikaitkan dengan hal-hal gaib.

Mitos yang tersebar menyebut kelor ditanam di sekitar rumah sebagai penangkal tuyul alias jin yang konon kerap mencuri uang dan membuat gangguan. Pada zaman modern, peneliti menemukan khasiat daun kelor sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Badan kesehatan dunia WHO bahkan menganjurkan bayi dan anak-anak dalam masa pertumbuhan mengonsumsi daun kelor. Lantaran kandungan potasium, kalsium, vitamin C dan A cukup tinggi plus kandungan proteinnya setara dengan susu.

(Baca Juga; Daun Kelor Berkhasiat untuk Mencegah Penyakit Degeneratif)

Khasiat lain dirangkum dari berbagai sumber pun menyebutkan bahwa kelor sangat menyehatkan tubuh:

Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A yang ada di daun kelor sangat baik untuk mata,terutama mengurangi risiko kelainan mata plus, minus, silinder, dan katarak.

Menjaga kesehatan ginjal

Secara umum, mengonsumsi makanan sehat otomatis membantu kerja ginjal lebih optimal. Mengonsumsi daun kelor secara rutin membuat kesehatan ginjal terjaga.

Mengobati rematik

Daun kelor dapat mengurangi rasa sakit di persendian dan mengurangi penumpukan asam urat di sendi, termasuk untuk mengatasi pegal linu dan nyeri.

Menguatkan tulang

Kalsium yang terkandung di daun kelor sangat dibutuhkan bagi anak-anak hingga remaja karena dapat memperkuat tulang.

(Baca Juga: Disantap Bersama Nasi Hangat, Bobor Kelor Sudah Lezat Sehat Pula)

Mengatasi anemia

Kandungan zat besi dalam daun kelor dapat menjadi penambah darah. Sehingga berkhasiat untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah.

(Baca Juga: Daun Kelor untuk Vitalitas Seksual Pria)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini