nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Wasiat Terakhir Bapak Herbalist Indonesia

Vessy Frizona, Jurnalis · Sabtu 25 November 2017 15:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 25 481 1820453 okezone-week-end-wasiat-terakhir-bapak-herbalist-indonesia-EyNjm9FeOX.JPG

Perawakannya tinggi besar bersuara kalem sangat akrab dikenal penonton televisi Indonesia pada pertengahan 90-an dalam Hidup Sehat Cara Hembing. Acara yang dibawakannya sejak tahun 1994 tersebut menjadi pelopor dan panduan bagi orang banyak untuk menjalani cara hidup sehat yang alami.

Ya, Prof Hembing adalah pakar obat-obatan alami yang memperkenalkan penyembuhan berbagai penyakit secara tradisional.

Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma, nama lengkap pria kelahiran Medan, 10 Maret 1940. Sosoknya lekat dengan ragam jenis herbal yang memang menjadi warisan tradisi Indonesia. Kehadirannya di tengah publik seakan mengajak untuk mengurangi asupan zat kimia dalam tubuh.

Dikutip dari Wikipedia, Hembing lulusan Chinese Medical Institute-Chinese Pharmacology and Acupuncture, Hongkong tahun 1970. Dalam perjalanan kariernya, Hembing tercatat pernah menjadi penasihat di Chinese Medical Institute-Chinese Pharmacology and Acupuncture Hongkong pada 1975.

Pada tahun yang sama saat kembali ke Indonesia, pria berwajah oriental itu mendedikasikan diri sebagai penasehat konsultan di The Journal of Tokyo Pain Control Institute Jakarta.

Namun, itu tak berlangsung lama, Hembing kembali menapaki kariernya di kancah internasional dengan menjadi Wakil Presiden di World Academy Society of Acupuncture Korea Selatan, Guru Besar Wongkwang University Korea Selatan (1976), penasihat di Acupuncture Association of Quebec Kanada (1977), Penasihat pada Società Italiana di Agopunctura Italia (1977), dan masih banyak lagi.

Setelah berkarier di level internasional, Hembing kembali menjadi pengajar di beberapa universitas di Indonesia sejak tahun 80-an. Sejak itulah ia mulai dikenal di negeri sendiri. Publik mulai mengenal Hembing lewat program acara televisinya yang dibawakannya pada era 90-an.

Hembing banyak menulis buku tentang kesehatan dan pengobatan alami. Ia juga dikenal rajin melakukan penelitian untuk menemukan bahan-bahan alami baru yang dapat dijadikan ramuan untuk mengobati penyakit

Kiprah sang herbalist berakhir pada usia 71 tahun, tepatnya 8 Agustus 2011. Semasa hidup Hembing mempunyai prinsip hidup yang baik untuk diteladani. Di antaranya, selalu mengonsumsi makanan sehat, baik, dan halal, meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahragalah secara teratur dan sesuai kebutuhan (tidak berlebihan), beristirahat teratur untuk menghilangkan rasa lelah pada otot dan sel saraf yang telah bekerja seharian dan berpikiran positif.

(Baca Juga: Herbal Jadi Jurusan di UI Berkat Prof Hembing)

“Orang yang berpikiran positif akan menjadi lebih baik dan tak mudah kena stres,” kata Hembing berpesan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini