nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Tanaman Obat Segala Penyakit yang Direkomendasikan oleh Rasulullah

Vessy Frizona, Jurnalis · Minggu 26 November 2017 04:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 25 481 1820464 okezone-week-end-tanaman-obat-segala-penyakit-yang-direkomendasikan-oleh-rasulullah-hwjLjEMHd6.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

Habbatusauda adalah jenis tanaman yang tumbuh liar di berbagai kawasan seperti Asia, Afrika, dan Jazirah Arab.

Ragam khasiatnya tak terbantahkan sampai-sampai Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar rutin mengonsumsi jintan hitam tersebut.

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadits Indonesia Fauzan Amin, mengatakan, ada dua hadits soal Habbatusauda yang disampaikan Rasulullah SAW, pertama:

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا سَمِعَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: إِن هَذِهِ اْلحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلاَّ مِنَ السَّامِ. قُلْتُ: وَمَا السَّامُ؟ قَالَ: اَلْمَوْتُ

Artinya: “Diriwayatkan dari Aisyah bahwa dia mendengar Nabi saw bersabda: “Sesungguhnya al-Habbah as-Sauda’ ini adalah kesembuhan (obat) dari setiap penyakit kecuali dari as-Sam”. Kataku (Aisyah): Apa itu as-Sam? Jawab Nabi SAW : “Kematian”.”

Tumbuhan dengan nama latin Nigella Sativa ini terbukti memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Sekitar 150 penelitian dari berbagai jurnal, termasuk sebuah studi herbal di Eropa menguatkan perkataan orang-orang terdahulu tentang manfaat habbatusauda. Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW lewat hadits kedua :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: فِي اْلحَبَّةِ السَّوْدَاءِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلاَّ السَّامِ قَالَ ابْنُ شِهَابٍ: وَالسَّامُ اْلمَوْتُ، وَاْلحَبَّةُ السَّوْدَاءُ الشُّونِيزُ

Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa dia mendengar Rasulullah saw bersabda: “Di dalam al-Habbah as-Sauda’ itu ada kesembuhan (obat) bagi setiap penyakit kecuali as-Sam” Ibn Syihab berkata: As-Sam itu adalah kematian dan al-Habbah as-Sauda’ itu adalah as-Syuniz (nama lain dari al-Habbah as-Sauda’/jintan hitam).”

(Baca Juga: Makan Buah Dulu Baru Nasi, Cara Makan Sehat Ala Rasulullah)

“Mengenai maksud dari khasiat dari Habbatusauda berdasarkan penjelasan Nabi Muhammad ada dua pendapat ulama. Pertama obat segala penyakit kecuali takdir kematian, dan kedua obat semua penyakit akan tetapi kesembuhan adalah hak prerogatif kehendak Allah SWT,” jelas Ustadz Fauzan kepada Okezone.

(Baca Juga: Habatussauda Baik untuk Trauma kulit Usai Operasi)

Bukti empiris memang menunjukkan habbatusauda terdiri dari beragam vitamin, mineral, protein nabati, juga asam lemak tak jenuh.

Habbatussauda juga mengandung glutathion yang memiliki peran fundamental dalam melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas.

(Baca Juga: 8 Khasiat Biji Jintan Hitam untuk Kesehatan Anda)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini