Share

Dikerjakan 2 Bulan, Ulos yang Dipakai Kahiyang Buatan Tangan Penenun Lokal

Vessy Frizona, Jurnalis · Minggu 26 November 2017 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 26 194 1820786 dikerjakan-2-bulan-ulos-yang-dipakai-kahiyang-buatan-tangan-penenun-lokal-4cteu7qXkF.jpg Kahiyang-Bobby (Foto: Fatahillah Ginting)

ULOS adalah kain khas suku Batak. Kain ini biasa digunakan untuk acara adat. Mulai dari upacara kematian hingga pernikahan.

Pekan ini kain ulos menjadi kian populer lantaran hajat besan Presiden RI Joko Widodo yang menggelar acara Ngunduh Mantu di kota Medan lengkap dengan ritual adat Mandailing.

Puncak resepsi digelar hari ini, Minggu (26/11/2017) di rumah keluarga mempelai pria, di Bukit Hijau Regency, Medan. Sang pengantin Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution tampil mengenakan pakaian adat Tapanuli Selatan lengkap dengan kain ulos di tubuh mereka.

Ada yang istimewa dari kain ulos yang melekat di tubuh Kahiyang pada resepsi kali ini. Kain ulos tersebut merupakan kain yang ditenun sendiri oleh pengerajin lokal hanya dengan menggunakan tangan.

Pengerajin tenun tersebut bernama Ibu Halimah. Untuk menyelesaikan satu lembar ulos yang dikenakan Kahiyang, ia mengerjakannya cukup memakan waktu lama, yakni selama 2 bulan. Ulos ini dibuat serapi mungkin sehingga memang butuh waktu dan ketelitian dalam pengerjaanya.

Sementara itu, untuk bahan yang dipilih yaitu menggunakan kain sutera terbaik untuk menguntai benang-benangnya. Ulos yang dipakai Kahiyang sendiri berwarna hitam dan terdapat tempelan permata.

Dalam perhelatan ini, seluruh keluarga pengantin menggunakan ulos. Termasuk presiden Jokowi dan Ibu negara Iriana Jokowi.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini