Share

Filosofi Mahkota Ampu yang Dipakai di Kepala Suami Kahiyang Ayu, Bobby Nasution

Vessy Frizona, Jurnalis · Minggu 26 November 2017 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 26 194 1820826 filosofi-mahkota-ampu-yang-dipakai-di-kepala-suami-kahiyang-ayu-bobby-nasution-IKck4FcTXn.jpg Resepsi Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Medan (Foto: Antara)

RANGKAIAN acara Ngunduh Mantu adat Tapanuli Selatan pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution memasuki babak terakhir. Hari ini, Minggu (26/11/2017), resepsi puncak di gelar di kediaman keluarga mempelai pria, di Bukit Hijau Regency, Medan, Sumatera Utara.

Diawali dengan iring-iringan kirab kereta kencana pagi tadi, pasangan ini tiba di lokasi acara bersama rombongan kelurga. Kereta kencana Kahiyang dan Bobby berada paling depan. Mereka menunggangi dua ekor kuda jantan yang didatangkan langsung dari Solo, Jawa Tengah.

Seperti biasaya, selama acara pernikahan dan prosesi adat, Kahiyang selalu tampil cantik dengan balutan busana adat yang ia kenakan dan Bobby pun juga terlihat gagah. Namun, pada puncak resepsi kali ini keduanya benar-benar memancarkan aura ceria dan cerah.

Kahiyang tampil sangat tradisional mengenakan kebaya brukat panjang berwarna kuning lemon. Warna ini dipilih karena memang merupakan ciri khas warna yang dipakai untuk pesta adat Tapanuli Selatan. Model kerah kebaya sendiri dibuat agak lebar. Kebaya dipadukan dengan kain ulos berbahan sutera berwarna dasar hitam yang ditempelkan taburan permata.

Untuk menunjang kesempurnaan penampilan, tambahan aksesori berupa kalung bulat lempeng emas tergantung di leher dan menghias dada. Sementara di bagian pinggang melilit ikat pinggang lempeng emas dan disisipkan dua bobat. Kahiyang menggunakan cincin di dua jari kiri dan satu jari kanan.

Sebagai pelengkap, kepala Kahiyang dipasangkan Mahkota Bulang emas lima tingkat seberat 5 kilo gram yang dilapisi emas. Bulang melambangkan tanduk kerbau, yang merupakan lambang adanya sebuah pesta di daearah Mandailing.

Pengantin pria terlihat gagah memakai setelan beskap berwarna emas berbordir dengan model kerah shanghai. Di dalamnya Bobby memakai kemeja dari ulos yang senada dengan kain bawahan Kahiyang.

Sebagai aksesori kepala Bobby memakai Ampu dengan model tali diikat yang menghadap ke atas dan ke bawah. Artinya, ke atas selalu ingat Yang Maha Kuasa dan ke bawah untuk selalu rendah hati. Di bagian pinggang Bobby juga memakan ikat pinggang dan dua bobat.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini