nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Vera di Balik Proses Pembuatan Kebaya Hijau Lemon untuk Pernikahan Kahiyang Ayu

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Senin 27 November 2017 14:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 27 194 1821201 cerita-vera-di-balik-proses-pembuatan-kebaya-hijau-lemon-untuk-pernikahan-kahiyang-ayu-LoSSGRRL2k.jpg Baju Kebaya Kahiyang di resepsi pernikahan (Foto:Istimewa)

 

KAHIYANG Ayu dan Bobby Nasution sukses menggelar serangkaian pesta pernikahan adat Mandailing selama sepekan terakhir. Dimulai pada Minggu, 19 November 2017 hingga pesta adat ditutup dengan acara resepsi pernikahan pada Minggu, 26 November 2017 di Medan, Sumatera Utara.

Saat acara resepsi pernikahan kedua, Kahiyang yang kini bermarga Siregar itu mencuri perhatian dalam balutan kebaya warna hijau lime. Diketahui kebaya tersebut merupakan rancangan Vera Anggraini melalui label Vera Kebaya, desainer yang juga menangani kebaya pernikahan Raisa Andriana pada September lalu.

Bila diperhatikan dengan seksama, kebaya yang dikenakan Kahiyang kemarin adalah model kebaya klasik yang dimodifikasi dengan potongan menjuntai lebih panjang. Kebaya dibuat dari bahan france lace yang dipercantik dengan taburan gradasi warna mote pasir halus dan kristal.

BACA JUGA:

Ketika Kate Middleton Tampil Cantik bak Tokoh Disney Elsa di Acara Kerajaan

Terlihat detail corsace menyerupai bunga menghiasi area neckline dan bahu yang dibuat secara handmade. Potongan kebaya yang panjang dipilih keluarga Bobby agar tampak berbeda dengan kebaya yang dikenakan Kahiyang dalam acara adat lainnya.

"Prosesnya sendiri kurang lebih tiga bulan karena motifnya lumayan rapat dan kebayanya berpotongan panjang," ujar Vera Anggraini saat dihubungi Okezone melalui pesan singkat, Senin (27/11/2017).

Dalam waktu yang relatif singkat, Vera menuturkan tidak ada kesulitan yang berarti saat merancang kebaya Kahiyang. Hanya diperlukan ketelitian dan perhatian lebih saat pengaplikasian mote lantaran motifnya dibuat rapat.

"Kesulitan pembuatan kebaya relatif tidak rumit karena masih tergolong standar, hanya proses aplikasi mote agak sedikit lama karena motifnya rapat. Modelnya yang relatif simpel sehingga fitting satu kali kebaya sudah jadi 80 persen dan fitting kedua kebaya sudah rapi," tutur Vera.

Sementara, rok bawahan yang dikenakan Kahiyang di luar tanggung jawab Vera. Kahiyang menggunakan kain ulos khas Tapanuli Selatan sebagai bawahannya, yang telah lebih dulu disiapkan oleh keluarga Bobby Nasution.

BACA JUGA:

Mantap, Kapal Pesiar Islamic Cruise Tiba di Aceh 980 Wisatawan Kunjungi Masjid Raya Baiturrahman

Tak hanya membuat kebaya yang dikenakan Kahiyang, Vera menuturkan juga membuat beskap dan celana yang dikenakan Bobby. Berwarna senada, beskap terbuat dari material shantung silk. Sementara, vest dan kain sarung pendek merupakan ulos yang senada dikenakan pengantin wanita.

 

(Instagram/@fatahillahginting)

Menariknya, Vera menceritakan bahwa ia sempat tak mengetahui bila kebaya yang dirancangnya akan dipakai untuk acara Ngunduh Mantu putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu.

"Kebetulan dari pihak keluarga Bobby yang menghubungi saya, tapi awalnya tidak tahu kalau kebaya yang mau dipesan buat Kahiyang. Jadi, dua hari sebelum jadwal ketemu baru tahu kalau yang mau dibikin kebaya ternyata untuk acara Ngunduh Mantu," kata Vera.

Mendapat kesempatan merancang kebaya untuk putri Presiden RI tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Vera. Bahkan, Vera mengaku bila Kahiyang merupakan pribadi yang ramah dan sederhana.

"Kahiyang anaknya ramah, baik, sangat sederhana, pengantin yang cenderung nggak banyak request. Pasrah saja, 'Terserah Mbak Vera yang bagus dan pantas saja untuk saya,' katanya sambil tertawa," tukas Vera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini