Diskon di Mal Bikin Kalap Belanja? Yuk Baca Doa Ini Biar Shopping Terkendali!

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 27 November 2017 22:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 27 194 1821606 diskon-di-mal-bikin-kalap-belanja-yuk-baca-doa-ini-biar-shopping-terkendali-FPPlEi0EQW.jpg

DISKON, sale, promo, atau apapun istilahnya, memang sangat menggoda. Siapa saja pasti tegiur datang ke mal yang menawarkan harga lebih rendah dari harga normal, apalagi kaum hawa.

Shopping di mal memang menyengkan tapi kalau sudah kalap tabungan bisa kempes dan tagihan kartu kredit membengkak. Barang-barang yang dibeli pun kadang bukan barang yang dibutuhkan. Kebanyakan barang belanjaan hanya bikin isi lemari penuh tapi belun tentu terpakai.

Nah, saudara muslim, keberadaan pasar atau mal memang merupakan godaan duniawi yang cukup berat. Sebab, ketika sedang berada di mal, orang sering lalai beribadah, dan lupa mengingat Allah SWT. Lalai dan lupa dengan urusan akhirat saat berda di mal bukan hanya terjadi pada pembeli, bahkan penjual pun demikian. Mereka sibuk menjajakan dagangannya sehingga lupa beribadah.

Oleh sebab itu agar terhindar dari hal-hal yang buruk saat masuk mal atau pasar sehingga membuat kita lupa dengan sang pencipta, maka baca doa sebagaimana anjuran Rasulullah SAW.

Dari Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa masuk pasar, kemudian dia membaca:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

LAA ILAAHA ILLALLAAH WAHDAHU LAA SYARIIKA LAH, LAHUL-MULKU WA LAHUL-HAMDU, WA HUWA ‘ALA KULLI SYAI’IN QODIIR.

(Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya dan Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu)

Maka, siapa pun yang membaca doa di atas ketika masuk pasar, Allah akan mencatat untuknya satu juta kebaikan, dan menghapuskan darinya satu juta keburukan.” (At-Thabrani dalam ad-Du’a (2/1167/793).

Maksud dari hadits di atas  ialah dengan membaca doa tersebut orang yang akan terjaga dari godaan duniawi, mereka sangat istimewa.

Sebab, jika berdzikir ketika di masjid, atau di tengah majelis dzikir itu merupakan perbuatan yang mudah dan lumrah. Namun berdzikir di tempat umum nan penuh godaan, banyak orang yang lupa akan Allah, dan ini adalah amalan yang istimewa. Demikian dikutip dari berbagai sumber.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini