nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan 4 Hal Ini Setelah Belanja Bulanan untuk Menghemat Waktu saat Memasak

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 28 November 2017 05:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 27 298 1821569 lakukan-4-hal-ini-setelah-belanja-bulanan-untuk-menghemat-waktu-saat-memasak-a2o6t7nVzt.jpg Masak (Foto: Dreamstime)

KEGIATAN belanja bulanan memenuhi kebutuhan dapur memang satu hal yang menyenangkan, namun belum tentu dengan aktivitas setelahnya. Membereskan kantung-kantung berisi barang belanjaan bulanan memang hal yang menantang kedisiplinan diri.

Membereskan kantung-kantung isi belanjaan bulanan sesegera mungkin begitu sampai di rumah akan sangat membantu untuk menghemat waktu memasak dan menyiapkan menu makanan sehari-hari.

Nah, apa saja yang harus dilakukan saat membereskan kantung berisi isi belanjaan ketika sampai rumah agar proses memasak bisa jauh lebih ringkas? Intip ulasannya di bawah ini, sebagaimana disitat Foxnews, Selasa (28/11/2017).

Pisahkan daging per porsi 

Suka membeli daging-dagingan dalam partai besar saat belanja bulanan? Nah, ini artinya Anda harus memisah-misahkan daging ini ke dalam porsi-porsi sekali masak. Misalnya, beberapa potong daging ayam untuk menu makan malam, beberapa gram daging di kantung-kantung untuk sekali masak. Setelah porsinya dibagi-bagi, simpan dalam wadah kontainer yang rapat begitu juga dengan sisa daging yang masih ada untuk bisa digunakan kemudian hari.

Bumbui (marinasi) sejak awal

Sudah membagi-bagi porsi daging yang hendak dimasak? Kenapa tidak sekalian untuk membumbui alias memarinasi daging-daging tersebut dengan bumbu, sehingga bumbu bisa meresap lebih sempurna dan langsung siap diolah ketika hendak dimasak.

Potong bagi dua dan bekukan roti 

Roti atau produk bakery lainnya biasanya memang sangat cepat kualitasnya menurun, maka agar tahan lebih lama untuk dikonsumsi kemudian hari, membekukannya di kulkas adalah pilihan yang tepat. Akan tetapi ingat ya, sebelum menyimpan roti di dalam lemari pendingin, sebaiknya potong roti menjadi beberapa porsi (belah dua). Porsi roti yang sudah dibagi ini bisa digunakan untuk berbagai kesempatan, bisa dipakai langsung sebagai salah satu suguhan makan malam bersama keluarga dan potongan yang lainnya bisa untuk dikonsumsi sendiri.

Keluarkan telur 

Biasanya telur-telur yang dijual di supermarket hadir dengan kemasan karton, yang rapi dan sudah terpisah per butirnya. Namun sebaiknya, begitu sampai di rumah langsung keluarkan semua telur dari kotak kemasan dan tempatkan di dalam keranjang atau mangkuk, atau bisa juga langsung disusun di tempat telur yang ada di kulkas. Ketika ingin dimasak Anda langsung bisa mengambilnya dengan mudah karena gampang dijangkau dengan tangan dan tidak perlu repot, serta membuang waktu sepersekian menit hanya untuk mengeluarkan telur-telur dari kemasan karton.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini