nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tengok Sepasang Panda Raksasa, Pemerintah Tiongkok Kunjungi Indonesia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 27 November 2017 17:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 27 406 1821369 tengok-sepasang-panda-raksasa-pemerintah-tiongkok-kunjungi-indonesia-3W8UjnJ6KN.jpg

SEPASANG giant panda alias panda raksasa telah tiba di Indonesia September 2017 lalu. Namun, setibanya dua binatang penggemar bambu ini, masyarakat tidak bisa langsung mengunjunginya. Mesti ada beberapa tahap lagi yang harus dilalui keduanya sebelum bisa menyapa masyarakat Indonesia.

Tingkah lucu, dan menggemaskan Cai Tao, dan Hu Chun sangat dinanti-nantikan masyarakat Indonesia. Hingga akhirnya kini mereka telah selesai menjalankan masa karantina di Taman Safari Bogor, Jawa Barat, dan dilanjutkan penyesuaian (trial opening), yang berguna untuk memastikan optimalnya adaptasi sepasang panda, dan persiapan operasional, barulah masyarakat bisa mengunjungi, dan bertemu dengan Cai Tao, dan Hu Chun yang diharapkan bisa berkembang biak di Indonesia.

Panda-panda yang berada di Taman Safari Indonesia tersebut, merupakan kerjasama konservasi antara Indonesia dengan Tiongkok. Selama sekira dua bulan berada di Indonesia, akhirnya kemarin, Minggu (26/11/2017), sejoli bertubuh gembul ini dijenguk oleh pemerintah Tiongkok, yaitu H.E. Madame Liu Yandong, Wakil Perdana Menteri (Vice Premier II). 

Kunjungan tersebut tidak hanya sekadar menengok keadaan Cai Tao, dan Hu Chun saja, tapi H.E. Madame Liu Yandong juga merasakan pengalaman menjadi pengunjung Istana Panda Indonesia, Taman Safari Bogor. Selain itu, penandatangan prasasti kunjungan resmi juga dilakukan dihari yang sama.

"Kami merasa terhormat, karena dalam rangkaian kunjungan kenegaraan di Indonesia, H.E. Madame Liu Yandong, selaku Wakil Perdana Menteri (Vice Primier II) bersama beberapa delegasi RRT secara khusus datang ke Taman Safari untuk melihat kondisi sepasang Giant Panda sebelum peresmian pembukaan Istana Panda Indonesia yang diwacanakan mendatang," ucap Jansen Manansang, Direktur Taman Safari Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Okezone, Senin (27/11/2017).

Kerjasama konservasi Giant Panda yang diberikan oleh pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) ini menjadi awal dari berbagai kerjasama strategis antara Indonesia dan Tiongkok dalam rangka memajukan ilmu pengetahuan konservasi satwa ke depannya. Sepasang sejoli Cai Tao dan Hu Chun yang kini tinggal di Indonesia, dan diupayakan untuk beranak-pinak, dikembangbiakkan dengan sistem breeding loan, yang artinya peminjam pengembangbiakan.

(ade)

Berita Terkait

Hewan Panda

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini