Jarang Bercinta dengan Pasangan Ternyata Bisa Bikin Pilek!

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 27 November 2017 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 27 481 1821454 jarang-bercinta-dengan-pasangan-ternyata-bisa-bikin-pilek-TUt4YXSBZP.jpg

BAGI pasangan yang sudah menikah, hubungan seks menjadi salah satu kegiatan yang lumrah untuk dilakukan. Selain bisa merekatkan hubungan suami istri, nyatanya hubungan seks berdampak baik pada kesehatan seseorang. Ya, kegiatan tersebut dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke atau serangan jantung, mencegah osteoporosis, dan menjaga kadar hormonal seksual.

Sayangnya tidak semua pasangan dapat melakukan hubungan seksual secara teratur. Alasannya pun beragam. Mulai dari kurangnya waktu berdua hingga kesibukan pekerjaan. Padahal kurangnya aktivitas seksual dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Melansir Express, Senin (27/11/2017), berikut hal-hal yang bisa terjadi bila hubungan seksual tidak dilakukan secara teratur;

Tekanan darah tinggi

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Biological Psychology mengungkapkan orang-orang yang berhubungan seksual secara teratur memiliki tekanan darah normal atau lebih rendah dibanding orang-orang yang hanya sesekali melakukannya. Penelitian itu memperkirakan hubungan seks dapat mengurangi stres sehingga membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Sebaliknya, jika orang tersebut stres maka tekanan darahnya akan ikut naik. Tak hanya itu, stres dikaitkab dengan gaya hidup kurang sehat seperti makan berlebihan. Tentu hal ini dapat memicu penyakit lainnya.

Pilek

Percaya atau tidak, hubungan seks secara teratur dapat mencegah terjadinya pilek. Hal itu lantaran orgasme dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga melindungi tubuh dari virus, bakteri dan parasit. Hal ini diungkapkan oleh peneliti dari University of Pennsylvania. Fakta lain yang ditemukan oleh peneliti adalah orang yang jarang melakukan hubungan seks berisiko lebih tinggi terkena flu. Alasannya karena mereka mengurangi kesempatan untuk mengatasi kedinginan. Ya, cuaca dingin memang terkadang bisa menjadi salah satu penyebab flu.

Kanker prostat

Sebuah penelitian di Harvard mengungkapkan pria yang mengalami ejakulasi 21 kali atau lebih dalam sebulan memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah sebanyak 33 % dibanding pria yang mengalami ejakulasi hanya 4-7 kali sebulan. Alasannya adalah ejakulasi yang lebih banyak membantu mengeluarkan zat berbahaya yang berpotensi menyebabkan masalah pada prostat.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini