Menguncir Rambut Jadi Penyebab Utama Rambut Lepek dan Berminyak

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Rabu 29 November 2017 05:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 28 194 1821950 menguncir-rambut-jadi-penyebab-utama-rambut-lepek-dan-berminyak-38FUqzmndh.jpg Ilustrasi (Foto: Aquila)

PENYEBAB utama rambut berminyak yang kerap dialami bukan hanya produksi minyak berlebih. Namun, dari beberapa kesalahan kecil yang mungkin tak secara sadar dilakukan dapat membuat rambut terasa lepek dan berminyak.

Lalu, apa sajakah kebiasaan yang bisa membuat rambut rentan berminyak? Berikut ulasannya seperti dilansir Boldsky, Rabu (29/11/2017).

 BACA JUGA:

Selalu menguncir rambut

Apakah Anda termasuk orang yang kerap menguncir rambut sepanjang hari? Bila ya, ini menjadi salah satu penyebab rambut berminyak. Kebiasaan tersebut menstimulasi produksi sebum dan kerusakan rambut. Karena itu, tak ada salahnya untuk menggerai rambut selama beberapa saat.

Keramas terlalu sering

Terlalu sering keramas juga menjadi penyebab rambut berminyak. Kebiasaan ini bisa merusak folikel rambut dan menghilangkan kelembapan alami sehingga merangsang rambut menjadi lebih mudah berminyak. Untuk menghindarinya, pastikan Anda keramas tidak lebih dari dua kali dalam sepekan.

Sering menyentuh rambut

Ini adalah salah satu kebiasaan yang secara tak sadar sering dilakukan. Menyentuh rambut bisa memindahkan keringat dari tangan ke rambut sehingga menyebabkan kulit kepala dan rambut berminyak.

Salah menggunakan produk styling rambut

Penampilan rambut akan tampak maksimal bila menggunakan produk styling rambut. Namun, bila Anda yang memang telah memiliki tipe rambut berminyak sebaiknya tidak menggunakan produk rambut karena bisa membuat kondisi rambut semakin berminyak dan merusak penampilan. Sebaiknya pilihlah produk styling sesuai tipe rambut Anda.

 BACA JUGA:

Banyak mengaplikasikan kondisioner

Setelah menggunakan sampo, Anda hanya membutuhkan sedikit kondisioner. Penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan rambut menjadi lepek atau berminyak.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini