Ladies Simak Cara Benar Membersihkan Hair Dryer & Catokan Rambut, Jangan Pakai Tisu Basah

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Rabu 29 November 2017 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 28 194 1822048 ladies-simak-cara-benar-membersihkan-hair-dryer-catokan-rambut-jangan-pakai-tisu-basah-rq7VDTijJb.jpg Cara membersihkan hair dryer (Foto:Shutterstock)

 

SEBERAPA sering Anda menggunakan alat penata rambut, seperti hair dryer, blow dryer, dan catokan? Bila jawabannya Anda menggunakan peralatan tersebut hampir setiap hari maka penting untuk membersihkannya secara rutin.

Bila tidak, hal tersebut mungkin menjadi alasan utama rambut Anda dalam kondisi tidak sehat, lembut, dan berkilau seperti seharusnya. Ya, menjaga agar alat penata rambut selalu bersih bisa mengurangi risiko penyebaran kotoran dan bakteri ke kulit kepala dan rambut.

Selain itu, rutin membersihkan alat-alat tersebut bisa membuatnya tahan lama. Lantas, bagaimana trik membersihkannya?

BACA JUGA:

So Sweet, Ini Makna Tersembunyi Cincin Tunangan Meghan Markle

Hair dryer

Membersihkan hair dryer memang agak sulit karena alat tersebut tidak bisa dibongkar pasang. Namun, Anda bisa menggunakan cara berikut ini. Pertama, pastikan hair dryer dalam keadaan mati, lalu tarik rambut-rambut yang sekiranya tersangkut pada bagian corong hair dryer.

Menggunakan kuas cat bersih, bersihkan debu di bagian corong, sedangkan kotoran yang menempel di badan hair dryer bisa dibersihkan dengan kain bersih yang sudah dicelup ke air.

Bila Anda masih merasa kurang puas, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sisa-sisa kotoran di sana. Kotoran yang menumpuk di bagian kipas bisa menyebabkan overheating. Jadi, pastikan Anda selalu membersihkan hair dryer bila sudah melihat banyak kotoran menumpuk di sana.

 

Catokan rambut

Sebagai bagian dari alat kecantikan wanita, nyatanya catokan rambut tergolong jarang digunakan oleh penggunanya. Selain mengumpulkan debu dan kotoran, residu produk rambut seperti serum dan hairspray bisa menimbulkan kerusakan pada catokan rambut Anda.

 BACA JUGA:

Tebak-Tebak Nama Desainer Gaun Pengantin Megan Markle

Setelah mematikan dan membiarkannya dingin, gunakan kain microfiber atau kain bersih yang sudah dibasahi dengan air hingga lembap. Lap catokan dengan hati-hati pada setiap areanya, namun hindari bagian mesin atau kontrolnya. Cukup bersihkan area luar dan besi pemanasnya. Lakukan setiap satu pekan sekali.

Hindari menggunakan tisu basah, handuk, atau material kasar lainnya yang bisa menimbulkan kerusakan pada permukaan besi. Demikian seperti dilansir Dailymail, Rabu (29/11/2017).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini