nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Bau pada Anda Bisa Jadi Sinyal Gangguan Kesehatan

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 28 November 2017 12:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 28 481 1821804 5-bau-pada-anda-bisa-jadi-sinyal-gangguan-kesehatan-b2yzFxQnm7.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

BAU badan bisa mendeteksi terjadinya sebuah penyakit. Dalam banyak kasus, hal ini diabaikan seseorang.

Antara lain bau badan yang dimaksud yakni bau ketiak, bau mulut, bau kaki dan beberapa jenis bau lainnya. Kalau terjadi salah satu, Anda sebaiknya waspada dan mengenali gejala penyakitnya yang lain.

Beberapa penyakit menunjukkan gejala dari bau unik dan berbeda. Bahkan, mulai dari penyakit ringan hingga serius.

Lebih lanjut Anda harus tahu tentang bau badan yang menunjukkan berbagai masalah kesehatan. Berikut ulasannya, dilansir Boldsky, Selasa (28/11/2017).

Napas bau

Bila sering mengalami keluhan napas bau, hati-hati gejala diabetes: Komplikasi yang disebut ketoasidosis diabetes, terjadi saat tubuh Anda mengalami penurunan insulin dan lonjakan gula darah Anda. Salah satu alasan utama bau inilah yang menciptakan pembentukan keton dalam darah.

Bau kaki

Beberapa orang sering mengalami bau kaki, tapi tak pernah diperhatikan. Padahal bau kaki bisa menunjukkan infeksi jamur yang bisa berbahaya. Jika Anda memiliki kulit kering dan bersisik di sekitar jari kaki Anda, disertai dengan kemerahan dan lecet, Anda mengalami gangguan kesehatan. Kaki Anda mungkin juga mengeluarkan bau busuk, yang disebabkan oleh kombinasi bakteri dan jamur yang mengikis kulit.

Tinja berbau tajam

Gejala intoleransi laktosa tak hanya dialami anak-anak, tapi juga orang dewasa. Hal ini disebabkan karena usus halus Anda tidak menghasilkan cukup banyak laktosa, yang merupakan enzim yang tidak dapat mencerna laktosa dalam produk susu. Akhirnya, usus kecil mengarahkan laktosa langsung ke usus besar, bukan aliran darah Anda. Di sini, bakteri usus akan berfermentasi, menghasilkan tinja yang berbau busuk.

Kencing berbau kuat

Gejala infeksi saluran kemih ditandai dengan urin berbau tajam dan hampir berbau kimia. Hal ini terjadi ketika E. coli memasuki saluran kemih dan uretra Anda. Mereka berkembang biak di kandung kemih yang menyebabkan infeksi.

Bau mulut

Selain bau napas, orang juga bisa mengalami bau mulut. Hati-hati, itu merupakan tanda sleep apnea terjadi. Masalah tersebut biasanya melanda para perokok yang konsisten mengalami bau mulut setiap saat. Untuk mencegah, maka hindari merokok agar tidak merugikan diri Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini