Selain Hangatkan Suasana, Seruput 7 Jenis Teh Ini Baik untuk Kesehatan Anda

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 28 November 2017 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 28 481 1821830 selain-hangatkan-suasana-seruput-7-jenis-teh-ini-baik-untuk-kesehatan-anda-alY3z6l0m6.jpg Teh jahe (Foto: Narodna)

SETIAP orang tentu memiliki ritual di pagi hari. Salah satu ritual yang dilakukan oleh beberapa orang adalah meminum secangkir teh. Selain menghangatkan badan dan membantu menyegarkan pikiran, ternyata teh dapat membawa dampak positif lain untuk kesehatan. Akan tetapi, manfaat itu didapatkan dari jenis teh tertentu.

Melansir The Sun, Selasa (28/11/2017), berikut jenis-jenis teh yang dapat berguna untuk kesehatan;

Teh jahe

Jahe mengandung senyawa yang mampu mengatasi mual dan merehidrasi tubuh usai mengeluarkan cairan. Selain itu, menggabungkan jahe dengan camomile dapat menenangkan saraf. Bila Anda berada dalam kondisi mual, khususnya bagi ibu hamil, cobalah menggabungkan teh dengan serutan jahe, camomile, dan setetes madu.

Teh rooibos

Teh jenis ini hanya tumbuh di Afrika bagian selata. Rooibos kaya akan antioksidan dan fitornutrien sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, karena mengandung tanin secara signifikan, teh ini membantu penyerapan mineral yang diperlukan tubuh. Teh rooibos dapat mengobati alergi, asma, dan masalah kulit.

Teh peppermint

Banyak orang yang menyukai teh jenis ini. Ternyata peppermint dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar. Peneliti di University of Adelaide mengatakan, kandungan menthol mampu melemaskan otot di seluruh saluran pencernaan. Teh peppermint cocok diminum oleh mereka yang memiliki gangguan pencernaan dan sakit maag untuk mengurangi iritasi.

Teh kunyit

Selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit ternyata bisa digunakan sebagai bahan kunyit dapat membantu mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Kunyit mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai anti-inflamasi sehingga membantu memperbaiki jaringan.

Teh hijau

Sejumlah penelitian mengatakan bahwa teh hijau dapat membantu proses penurunan berat badan. Hal itu benar adanya karena teh jenis ini mempercepat pembakaran lemak. Selain itu, teh ini mengandung epigallocatechin gallate yaitu zat kimia yang mencegah usus menyerap gula dan lemak.

Teh Valerian

Teh yang populer di Norwegia ini ternyata bisa mengobati insomnia. Hal ini diungkapkan oleh seorang dokter di Amerika yang tak ingin pasiennya mengonsumsi banyak pil tidur. Manfaat teh Valerian mirip dengan obat penenang ringan.

Teh adas

Banyak orang yang memilih minuman hangat saat sedang sakit. Cobalah mengonsumsi teh ada karena teh jenis ini dapat mengurangi masa sakit. Senyawa di dalamnya memiliki efek anti kram. Tapi ada baiknya teh ini diminum secara teratur, bukan hanya pada saat sakit menyerang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini