nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kekurangan Vitamin D Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Rabu 29 November 2017 04:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 28 481 1822156 kekurangan-vitamin-d-bisa-tingkatkan-risiko-demensia-frOfP9h06k.jpg Demensia (Foto: Dailycaring)

USIA senja sangat rentan terkena penyakit serius, salah satunya demensia. Demensia merupakan penurunan fungsional yang menyebabkan kelainan pada otak.

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa pasien yang kekurangan vitamin D lebih berisiko terkena penyakit demensia. Menurut Berita Asia Internasional, di India sekitar 4,1 juta orang mengalami demensia, sementara 47 juta orang di seluruh dunia hidup dengan kondisi demikian.

 BACA JUGA:

Vitamin D merupakan salah satu sumber nutrisi terpenting bagi tubuh karena membantu mengurangi risiko penyakit jantung, multiple sclerosis, dan rheumatois arthritis.

Dalam sebuah penelitiannya, periset Austria mengatakan orang yang lebih banyak terpapar sinar matahari memiliki risiko demensia lebih rendah.

“Kami menemukan hasil yang mengejutkan dari hubungan antara tingkat konsumsi vitamin D rendah dengan penyakit demensia dan Alzheimer. Uji klinis sekarang diperlukan untuk menentukan apakah mengonsumsi makanan seperti ikan dan suplemen vitamin D dapat mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan demensia.” ujar Dr. David Llewellyn seperti dilansir dari Hindustantimes.

Dr. Simon Ridley, kepala penelitian Alzheimer’s Research menambahkan bahwa vitamin D memainkan peran penting dalam menjaga tubuh kita tetap sehat. Penelitian baru menunjukkan adanya hubungan antara vitamin D dan demensia, namun belum diketahui pasti apakah mengonsumsi suplemen dapat memperlambat penyakit ini.

 BACA JUGA:

Ia menyimpulkan bahwa kita harus melakukan diet sehat, karena diet sehat sangat penting bagi kesehatan otak. Sementara itu, aktivitas fisik juga bisa sangat membantu dalam mengurangi risiko mangalami demensia.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini