Sosok Bondan Winarno, dari Wartawan hingga Ikon Kuliner 'Maknyus' Indonesia

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Rabu 29 November 2017 13:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 29 298 1822524 sosok-bondan-winarno-dari-wartawan-hingga-ikon-kuliner-maknyus-indonesia-fzJdAZU1ms.jpg Bondan Winarno (Foto: Instagram)

SIAPA yang tak mengenal sosok ikon kuliner bernama Bondan Winarno? Pria yang akrab dengan kata 'Maknyus' ini menghembuskan nafas terakhir pada usia 67 tahun, hari ini (29/11/2017).

Banyak orang mengenal sosok Bondan Winarno sebagai seseorang yang hobi mencicipi kuliner ke berbagai tempat. Namun, tak banyak yang tahu bila sesungguhnya Bondan tak memiliki pengetahuan dasar mengenai bidang kuliner.

Ya, Bondan kecil rupanya sudah mengenal kuliner dari ibu yang berasal dari Madiun dan jago masak. Memulai pengalaman hidup yang beragam daripada sekedar icip-icip masakan nikmat dari satu restoran ke restoran lain.

BACA JUGA:

Bondan menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, jurusan Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur. Belum menyelesaikan kuliah, Bondan pun hijrah ke Jakarta dan menjadi seorang fotografer.

Bondan sempat mengawali karir sebagai seorang wartawan. Ia pernah bertugas sebagai wartawan ke berbagai negeri, antara lain Kenya, Afrika. Ia sangat gemar menulis dan bahkan bisa menulis di mana saja, di pesawat udara, di mobil, atau bahkan di toilet.

Karir Bondan dimulai dengan menjadi seorang jurnalis, tepatnya Pimpinan Redaksi Majalah Swa, sebuah majalah ekonomi, di tahun 1985. Tak sampai dua tahun, karirnya melesat ke arah berbeda, justru karena rengekan Gwen, anaknya, yang ingin bersekolah di Amerika. Gaji sebagai jurnalis dirasa tidak cukup, hingga Bondan berniat mencoba menjadi pengusaha.

 

Bondan baru mencoba dunia kuliner di tahun 2000. Tulisannya yang berfokus pada dunia kuliner pun mulai ditayangkan di kolom Jalasutra, sebuah komunitas wisata boga yang terkenal di seluruh Indonesia, yang kini telah memiliki lebih dari 8.000 anggota di seluruh dunia. Setelah itu di tahun 2005 beliau mulai mengawali karir di dunia hiburan di bidang kuliner.

Namanya semakin populer setelah membawakan acara kuliner di salah satu TV swasta. Dari situlah, istilah 'Maknyus' dan 'Top Markotop' mulai diperkenalkan olehnya.

BACA JUGA:

Ia tercatat pernah memiliki usaha sekaligus menjabat sebagai Presiden Ocean Beauty International yakni perusahaan makanan laut yang berbasis di Amerika Serikat. Kemudian, ia juga memiliki usaha coffee shop berlabel Kopitiam Oey yang hingga kini masih eksis di Indonesia. Selamat jalan, Pak Bondan Winarno.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini