nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Orang Nekat Mendaki Gunung Agung yang Lagi Erupsi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 29 November 2017 17:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 29 406 1822679 2-orang-nekat-mendaki-gunung-agung-yang-lagi-erupsi-iNXiSvODzd.jpg Gunung Agung (Foto: Nurul Hikmah / Okezone)

GUNUNG Agung sedang menyita perhatian publik dunia, terutama kalangan traveler. Pasalnya, gunung yang sedang rutin erupsi tersebut berada di pulau yang jadi pujaan hampir setiap traveler.

Letusan demi letusan sedang terjadi di Gunung Agung. Masyarakat, dan wisatawan yang berasal dari domestik maupun mancanegara telah diungsikan. Namun, dibalik sikap cepat tanggap yang dilakukan oleh pemerintah demi menyelamatkan warga dan turis, ada saja orang yang berulah.

BACA JUGA:

Tidak diketahui memiliki tujuan apa, ditemukan oleh Okezone sebuah rekaman video yang tersebar dijejaring media sosial instagram, Rabu (29/11/2017), ada dua orang pendaki yang masuk dalam rekaman sedang berada di zona berbahaya Gunung Agung. Hal yang lebih parahnya lagi, kedua pendaki yang terdiri dari pria dan wanita tersebut, tidak mengenakan perlengkapan mendaki yang aman.

Seorang pria pendaki hanya mengenakan sendal gunung dengan celana jeans, yang sudah penuh dengan lumpur, sementara wanita pendaki mengenakan sepatu gunung memang tapi ia juga memakai celana jeans, yang sebenarnya tidak dianjurkan digunakan untuk mendaki gunung. Tidak hanya itu saja, dalam video juga tampak pria pendaki memegang-memegang lahar dingin Gunung Agung. Hal tersebut berarti kedua orang pendaki ini benar-benar berada di zona yang cukup berbahaya dijalur mengalirnya lahar dingin.

Pendakian berbahaya tersebut benar-benar tidak layak untuk ditiru. Pasalnya, gunung berapi yang tengah erupsi akan menyemburkan abu, yang berbahaya bagi kesehatan pernapasan, juga kerap memuntahkan batu-batu yang bisa saja menimpa tubuh para pendaki.

Pendaki-pendaki yang seakan tidak memiliki rasa takut ini, juga menunjukkan betapa tebalnya abu yang ada di sekitar mereka. Dalam video, dengan menggunakan jari telunjuknya, pria pendaki menorehkan jarinya pada tumpukan abu yang tampak sudah seperti batu.

 

Anehnya lagi, dalam keterangan videonya diakun bernama @sang_petual4ng itu menuliskan, mereka tidak ingin keduluan bangsa lain yang menunjukkan keberaniannya mendaki Gunung Agung ketika sedang meletus, tujuan mereka mendaki gunung penuh dengan harapan, kebaikan, kedamaian, dan mengharap ketenangan Gunung Agung.

Masih dalam keterangan yang sama, akun tersebut juga menuliskan mereka datang ke Gunung Agung bukan untuk menguji ilmu, tapi untuk memohon, dan bersusah payah mengeluarkan keringat, serta tenaga walau bahaya untuk meminta ampun atas perbuatan orang lain yang tidak senonoh di tanah yang suci.

Melihat video nekat, dan keterangan foto yang sensasional, netizen pun langsung menggelegar menuliskan komentar-komentarnya terhadap pendakian yang dilakukan pada 25-26 November 2017 itu, seperti @rosselitaaa yang menuliskan, "Pengen nyumpahin kena lahar panas tapi takut dosa, @permadikusuma menuliskan,"Ketahuilah, jika ada yang 'celaka' di Gunug Agung butuh upacara besar bagi kami masyarakat Bali untuk melakukan upacara menyucikan gunung kembali. Mari saling menghormati."

BACA JUGA:

Pendakian gunung ketika erupsi atau meletus sungguh sangatlah dilarang. Pasalnya, bukan hanya berpotensi kematian, tapi bisa dipastikan nyawa tidak dapat diselamatkan jika gunung benar-benar memuntahkan segala isi perut magmanya. Bagaimana tanggapanmu soal aksi dua pendaki ini?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini