Malas Merapihkan Tempat Tidur, Ini Dampaknya bagi Kesehatan!

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Kamis 30 November 2017 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 29 481 1822691 malas-merapihkan-tempat-tidur-ini-dampaknya-bagi-kesehatan-M8jzHmfakj.jpg Ilustrasi (Foto: Livestrong)

SIAPA yang tidak suka membereskan tempat tidur sebelum pergi beraktivitas? Bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit segeralah ubah kebiasaan ini.

Membersihkan tempat tidur adalah rutinitas pagi hari untuk sebagian orang. Namun, untuk yang malas Anda harus berhati-hati dengan bahaya tungau debu.

(Baca juga: Debu Tebal Mengendap di Kasur? Begini Cara Membersihkannya!)

Tungau debu yang tidak segera dibersihkan akan lebih banyak mengendap dan menyebabkan berbagai macam penyakit. Dalam kondisi kulit yang lembab dan hangat, tungau akan masuk ke dalam kulit. Waktu yang paling tepat adalah pada saat tidur karena kondisi suhu tubuh yang kondusif.

Dilansir dari Timesofindia, beberapa cara ini bisa Anda terapkan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh tungau debu.

Mengganti Sprei

Beberapa faktor penyakit akibat tungau disebabkan oleh sprei yang dihinggapi banyak debu. Jika Anda mudah sakit, segeralah ganti sprei. Salah satu mudahnya terserang tungau adalah bertelanjang saat tidur. Tungau akan masuk ke dalam tubuh karena suhu tubuh yang mendukung.

(Baca juga: Malas Cuci Sprei, Tempat Tidur Jadi Sarang Jamur & Bakteri)

Seberapa sering Anda mengganti sprei juga tergantung pada kondisi cuaca. Seperti di musim panas, Anda akan berkeringat lebih banyak dari biasanya. Keringat mudah ditransfer ke sprei dan bisa menjadi tempat berkembang biak tungau debu. Sprei harus diganti 2 sampai 5 minggu sekali. Segera ganti jika sprei jika sudah berbau.

Bantal

Tidak hanya minyak, bantal juga bisa menyebabkan jerawat yang muncul di wajah akibat tungau. Tungau akan berpindah ke wajah saat kita tidur, sehingga memunculkan permasalahan pada kulit wajah. Hal inilah yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori yang menyebabkan jerawat dan noda. Untuk itu, gantilah sarung bantal setiap 2 sampai 3 kali sekali.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini