nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cat Rumah Cepat Pudar? Lakukan 3 Step Ini Sebelum Mengecat Rumah

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 01 Desember 2017 04:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 30 196 1823358 cat-rumah-cepat-pudar-lakukan-3-step-ini-sebelum-mengecat-rumah-atZGOoZp51.png Cat rumah (Foto: Valuhomecenters)

SATU bulan ke depan kita akan memasuki pergantian tahun dari 2017 ke 2018. Sudah menjadi kebiasaan orang-orang menyambut tahun baru dengan memperbarui suasana rumah.

Seperti merenovasi total, mengubah style dekorasi, atau hanya sekadar mengganti cat rumah yang sudah membosankan selama satu tahun ini menempel di dinding. Namun, tentunya saat mengganti warna cat rumah semua orang menginginkan cat awet, tidak cepat mengelotok hanya dalam hitungan bulan.

Direktur perusahaan cat, Pacific Paint, Suryanto mengatakan, untuk menghindari agar cat rumah tidak cepat mengelotok, ada 3 hal yang perlu diperhatikan saat mulai mengecat dinding. Ditemui Okezone beberapa waktu lalu, berikut pemaparannya.

Cek kelembapan

Pertama, cek kelembapan dinding. Dinding lembab akan membuat cat cepat mengelotok, semahal apa pun catnya. Pada musim hujan seperti sekarang ini, dinding mudah lembap. Coba periksa pipa air, pastikan tidak ada yang bocor sehingga akan tidak membuat dinding semakin lembap.

Lakukan pengampelasan

Agar tidak terjadi pengapuran, ampelas dinding terlebih dahulu. Pastikan permukaan dinding semuanya merata, jadi saat dicat tidak ada pula gumpalan-gumpalan cat. Sebab, bila gumpalan cat pecah, ini akan merembet ke area sekitar gumpalan yang mengakibat pengelupasan ke area lainnya.

BACA JUGA:

Beri warna dasar

Ini khusus untuk dinding baru, tapi tak ada salahnya juga dinding lama diberi base. Cat keseluruhan dinding dengan warna dasar yaitu warna putih agat warna cat di dinding keluar. Dengan memberi base, sekaligus memeriksan struktur dinding yang tidak sempurna.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini