Top Markotop! Kenangan Foto Kuliner Favorit Bondan Winarno saat ke Bukittinggi

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 30 November 2017 10:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 30 298 1822996 top-markotop-kenangan-foto-kuliner-favorit-bondan-winarno-saat-ke-bukittinggi-oIguk1kaOW.jpg Bondan Winarno Meninggal Dunia (Foto: Antara)

PAKAR kuliner Bondan Winarno Maknyus telah tiada. Tapi banyak kenangan yang diingat oleh pecinta kuliner, termasuk beberapa foto dirinya berburu kuliner khas di Bukittinggi, Sumatera Barat pada September lalu.

Dari unggahan foto di Instagramnya, tampak makanan khas Minang yakni gulai sangat menggiurkan. Saat melihat, tak tahan rasanya ingin menelan ludah.

Meski sudah mengidap penyakit jantung, Pak Bondan, sapaan akrabnya masih bisa menjelajahi ranah Bukittinggi sesaat. Itulah bukti kecintaannya terhadap kuliner yang membesarkan namanya.

Dirangkum Okezone, Kamis (30/11/2017), berikut 4 kuliner khas Padang yang menjadi kenangan, sekaligus rekomendasi bagi Anda saat berkunjung ke Bukittinggi, Sumatera Barat.

BACA JUGA:

Masakan Kapau
Saat ke Padang, Pak Bondan selalu sempatkan makan nasi kapau. Lauk andalannya yakni gulai tambusu, rendang ayam, gulai ikan mas batalua, dan jenis masakan lainnya. Penampakan masakannya sangat menggiurkan sekali. Kala itu, dia menjelajahi kuliner kapau di Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat.

Ketupat sayur

Terkesan nikmat sekali saat Pak Bondan menyantap sepiring ketupat sayur khas Padang. Dia pun masih nampak menikmati makanan berkuah santan ditambah pepaya muda dan kerupuk.

"Orang Jakarta ketemu beras plastik saja sudah panik. Orang Minang makan gulai paku malah happy-happy," ungkapnya.

Saat itu, Pak Bondan mencicipi sepiring ketupat sayur nikmat itu di Puncak Kiambang. Sangat menggoda lidah dan kuahnya buatan orang Minang pasti rasanya nendang.

Gulai Itik

Kuliner khas Minang yang tak ketinggalan diburu Pak Bondan kala itu yakni gulai itik. Bagian potongan paha yang dilumuri sambal ijo. Benar-benar lamak!

Pak Bondan senang sekali mencicipi gulai itik lado mudo ngarai. Menurut dia, rasanya tiada duanya dan benar-benar enak. Top markotop!

"Idak ada duo. Masakan super pedas Una Ita nan bana-bana lamak," imbuhnya.

Lamang tapai

Di Padang juga terkenal dengan camilan lamang tapai. Manisnya bisa membilas lidah usai makan makanan serba santan nan gurih. Pak Bondan pun tak ketinggalan mencicipi lamang tapai itu saat berkunjung ke Biaro, Bukittinggi.

"Kawa daun basandiang lamang jo tapai (kopi di batok bersanding dengan lamang tapai-red)," tulisnya.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini