nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Foto Syur di Kuil Suci Thailand, Turis Amerika Didenda Jutaan Rupiah

Agregasi Antara, Jurnalis · Kamis 30 November 2017 20:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 30 406 1823313 foto-syur-di-kuil-suci-thailand-turis-amerika-didenda-jutaan-rupiah-GjfVsFR9WZ.jpg

BANGKOK – Otoritas Thailand menjatuhkan denda terhadap dua wisatawan Amerika Serikat atas tindakan ketidaksenonohan di muka umum, dengan melakukan swafoto memperlihatkan pantat di depan kuil Budha.

Keduanya, yang diketahui polisi sebagai Joseph Dasilva (38), dan Travis Dasilva, (36), ditangkap pada Selasa di sebuah bandar udara di ibu kota Thailand, Bangkok.

Mereka masing-masing didenda sebesar 5.000 baht (sekira Rp2 juta) karena melakukan swafoto dengan memperlihatkan pantat yang dilakukan pada pekan lalu di Wat Arun atau Kuil Fajar, Bangkok.

"Dua warga Amerika tersebut telah mengakui tindakannya mengambil gambar tersebut," kata kepala polisi distrik Jaruphat Thongkomol.

Thailand dikenal memiliki kehidupan malam yang gemerlap, namun negara yang kebanyakan masyarakatnya beragama Budha itu sangat kolot dan tindakan membuka pakaian dan ketelanjangan di muka umum dianggap sebagai perbuatan penghinaan.

Kedua pria itu memiliki akun Instagram bernama "traveling_butts" yang berisikan sejumlah koleksi gambar memamerkan tindakan serupa, yang diambil dari sejumlah lokasi wisata dunia. Akun tersebut memiliki lebih dari 14.000 pengikut, namun pada Rabu tidak dapat dijangkau lagi karena telah dihapus.

(Baca Juga: Bayi Lumba-Lumba Mati Akibat Turis Usil Selfie Berkali-kali)

Jaruphat mengatakan keduanya juga akan dikenakan denda serupa atas pengambilan gambar di kuil lainnya di Bangkok. “Saat ini mereka ditahan di pusat penahanan imigrasi, sementara polisi memperkirakan bahwa mereka telah melakjukan pelanggaran terhadap hukum kejahatan berjaringan Thailand, karena mengunggah foto tak pantas tersebut secara berjaringan,” kata Jaruphat.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini